Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jul 2017 18:21 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Hanya di Darat, Tugu KM 0 Sabang Juga Ada di Bawah Laut

Bonauli
Redaksi Travel
Tugu KM 0 bawah laut Sabang (Kamal/detikTravel)
Tugu KM 0 bawah laut Sabang (Kamal/detikTravel)
Sabang - Siapa yang tak kenal dengan Tugu KM 0 Sabang? Semua orang tahu kalau tempat tersebut adalah ikon Sabang. Ternyata KM 0 tak hanya di darat, tapi juga di laut.

detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Sabang yang jadi destinasi prioritas Kementerian Pariwisata beberapa watu lalu. KM 0 nampaknya memang jadi destinasi wajib saat datang ke Sabang.

Tapi, masih sedikit yang tahu, kalau tugu KM 0 tidak hanya satu. Tugu KM 0 tidak hanya terdapat di atas bukit di daerah Iboih. Tapi juga di dalam air, di Pulau Rubiah.

Berada di depan pantai Pulau Rubiah, Tugu KM 0 berada pada kedalaman sekitar 7 m. Kamu bisa turun ke dalam air dengan free dive atau diving.

Bermain ayunan di dalam airBermain ayunan di dalam air Foto: Kamal/detikTravel
Bukan hanya Tugu KM 0, kamu juga bisa menemukan bangkai motor, mobil, kapal dan ayunan dalam spot ini. Tak hanya itu, jamban, meja, kursi, laptop dan 'benda-benda darat' lainnya juga ada di sini.

Semua benda ini adalah masuk ke dalam laut saat tsunami 2010 lalu di Aceh. Kemudian, dibuat seolah-olah ini semua adalah taman bermain.

Bisa di bilang, spot ini jarang terlihat karang. Namun keberadaan 'benda-benda darat' malah menjadi rumah pengganti bagi para ikan. Kamu akan melihat ikan-ikan di sekitar motor, mobil dan ayunan.

Naik motor di bawah air sambil bermain dengan ikanNaik motor di bawah air sambil bermain dengan ikan Foto: Kamal/detikTravel
Di beberapa tempat masih ada sisa-sia karang yang masih hidup. Di dalam karangnya pun masih terdapat banyak kima. Kima masuk ke dalam keluarga kerang namun hidup menempel di dalam karang. Saat ini status kima adalah hewan yang dilindungi.

Spot ini juga terkenal sebagai tempat snorklingan atau belajar diving. Kamu bisa berenang bersama ikan-ikan dan berfoto di dalam air.

Namun jangan sekali-kali untuk memberikan ikan makan berupa nasi yang di simpan dalam botol. Karena hal ini dapat membuat ikan ketergantungan dengan manusia. Sehingga ikan terus makan sampai akhirnya mati kekenyangan.

Yuk, jaga dan sayangi bawah laut kita! Selamat berlibur di Sabang!

Meja dan kursi di dalam air Meja dan kursi di dalam air Foto: Kamal/detikTravel
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED