Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Nov 2017 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mata Air Campaka yang Penuh Mitos & Tak Pernah Surut

Wisma Putra
Redaksi Travel
Mata Air Campaka (Wisma Putra/detikTravel)
Mata Air Campaka (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Mata air Campaka, obyek wisata baru di Kabupaten Bandung, ternyata sarat dengan mitos tersembunyi. Konon katanya air ini memiliki keberkahan tersendiri.

Cerita tersebut diungkapkan kuru kunci mata air Campaka, Pendi (23) kepada detikTravel. "(Orang) Banten, Mataram, Jawa dan lainnya banyak yang sekedar mandi kesini," kata Pandi saat ditemui di rumahnya di Kampung Campaka, Desa Drawati, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jumat (24/11/2017).

Pendi mengungkapkan, ada sebagian warga meyakini jika sumber mata air Campaka memiliki keberkahan tersendiri. "Ada yang datang kesini untuk mencapai tujuan tertentu," ungkapnya.

Jika berkunjung ke obyek wisata mata air Cempaka, secara luas hanya dapat melihat kolam yang berisikan air jernih dan dikelilingi rimbunnya pohon bambu.

Mata Air Campaka yang Penuh Mitos & Tak Pernah Surut(Wisma Putra/detikTravel


Meski para wisatawan menapakan kakinya ke dasar kolam dan berenang, air kolam itu tidak akan pernah keruh.

"Airnya jernih, karena langsung dari sumbernya. Sumber airnya ada di bawa pohon beringin yang ada di dalam hutan," ujarnya.

Namun, jika mengamati ke tengah-tengah kolam, kita akan melihat gentong raksasa berwarna coklat yang berada di dasar air.

"Gentong itu bentuk dan ukurannya seperti yang ada di makam Eyang Sepuh dan Eyang Ibu," ujar Pendi.

Mata Air Campaka yang Penuh Mitos & Tak Pernah Surut
(Wisma Putra/detikTravel)

Pendi menuturkan sumber air di mata air itu tidak pernah surut sekalipun di musim kemarau. Volume airnya tidak pernah berkurang dan bertambah.

"Tidak pernah surut, seperti itu dari dulu," tuturnya.

Sebelum tertampung di kolam mata air Campaka, sumber mata air sebenarnya berada jauh dalam hutan. "Sumbernya tidak boleh dijamah oleh manusia dan tidak seorangpun bisa masuk ke dalam hutan itu," tutup Pendi. (wsw/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
20Detik

Ada Matryoshka Jokowi di Rusia

Kamis, 19 Jul 2018 08:52 WIB

Matryoshka adalah boneka khas Rusia. Banyak tokoh yang dijadikan model boneka ini, termasuk tokoh dari Indonesia, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.