Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jan 2018 16:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan di Solo, 'Berburu' Mural Jokowi Hingga Kurt Cobain

Traveler yang tengah melihat mural Jokowi di Solo (Randy/detikTravel)
Traveler yang tengah melihat mural Jokowi di Solo (Randy/detikTravel)
Solo - Bukan cuma Inggris saja yang punya mural keren, Solo juga punya. Setelah hadir mural Menteri Susi, sekarang ada mural Jokowi hingga vokalis Kurt Cobain.

Seiring dengan perkembangan waktu, kota Solo yang menjadi tempat kelahiran Presiden Joko Widodo telah bertransformasi dan semakin 'nyeni'. Hal itu pun bisa dilihat dari banyaknya mural atau graffiti di tembok sepanjang jalan protokol Slamet Riyadi.

Keberadaan mural itu pun pertama kali muncul ke publik bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pada Agustus tahun lalu. Saat itu, sejumlah seniman jalanan termasuk budayawan Sardono W Kusumo melukis salah satu sudut tembok di perempatan Nonongan, Kecamatan Serengan, Solo.

Mural Menteri Susi (Randy/detikTravel)Mural Menteri Susi (Randy/detikTravel)

Salah satu hasilnya adalah mural Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam tampilan Wonder Woman. Saking populernya, Susi sendiri sampai menyempatkan datang dan berfoto bersama muralnya saat kunjungan kerja ke Solo beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, mural dari tokoh Kapten Jack Sparrow (Film Pirates of The Caribbean), Sukarno, Bung Hatta dan penyair Chairil Anwar juga dapat ditemui di lokasi yang sama.

Ketika detikTravel berkunjung ke Solo pada libur Natal dan Tahun Baru kemarin, ternyata telah hadir sejumlah mural lain dari perempatan Ngarsopuro yang memanjang hingga Jalan Singosaren.

Mural para tokoh ternama dari dalam dan luar negeri (Randy/detikTravel)Mural para tokoh ternama dari dalam dan luar negeri (Randy/detikTravel)

Pengamatan detikTravel di lokasi, sejumlah mural tokoh terkenal dari dalam dan luar negeri tampak menghiasi tembok kawasan tersebut. Sebut saja sosok mendiang Kurt Cobain dari band Nirvana hingga Nike Ardilla dan Jokowi, semua hadir di sana.

Namun selain mural tokoh terkenal, hadir juga sejumlah mural yang mengisahkan cerita dan pesan tertentu. Seperti anak-anak yang tengah berkumpul hingga tulisan Sumpah Pemuda di dinding.

Kehadiran mural itu juga menarik perhatian masyarakat setempat hingga wisatawan, khususnya saat malam hari. Semua orang agaknya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto selfie atau sekedar mengabadikan keindahan mural tersebut.

Seperti diduga, mural Jokowi menjadi salah satu yang paling mencuri perhatian traveler. Hal itu pun tampak dari jumlah wisatawan yang berkumpul di sekitar mural tersebut, diikuti oleh mural mendiang Kurt Cobain dan Nike Ardila.

Traveler yang berfoto di depan mural pentolan band Nirvana, Kurt Cobain (Randy/detikTravel)Traveler yang berfoto di depan mural pentolan band Nirvana, Kurt Cobain (Randy/detikTravel)

Sayang, tidak diketahui dengan detil siapa saja seniman yang membuat mural tersebut. Hanya saja, di salah satu sudut mural dapat dilihat identitas atau nama institusi yang membuat mural tersebut.

Bagi kamu yang ingin melihat atau berfoto dengan mural keren tersebut, tentunya harus datang pada malam hari. Soalnya, mural itu ada di tembok area pertokoan yang baru tampak ketika toko tutup saat malam hari.

Untuk kamu yang menggemari seni jalanan, tentunya deretan mural keren di Solo ini wajib kamu datangi. Tidak kalah dengan karya seniman asing di luar negeri sana. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA