Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Mei 2018 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Jeep Check Point Komplet & Tempat Makan Enak Sekitar Bromo

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Teras Bromo by Plataran di Pasuruan (Kurnia/detikTravel)
Foto: Teras Bromo by Plataran di Pasuruan (Kurnia/detikTravel)
Pasuruan - Sebelum ke Bromo, traveler bisa santai sejenak sambil menanti naik jeep. Di Pasuruan, ada jeep check point sekaligus restoran yang bisa jadi pilihan traveler.

Teras Bromo merupakan restoran yang sekaligus menjadi jeep check point dengan fasilitas premium. detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Lokasinya di Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sekitar 16 km dari Gunung Bromo.

Restoran ini menawarkan sensasi bersantap dengan dikelilingi pemandangan sekitar perbukitan Bromo. Selain itu, dari restoran saat cuaca mendukung, traveler bisa melihat indahnya pemandangan saat mentari terbenam.

"Posisi kita strategis karena kita sunset pointnya dapat. Kalau sunrise kan di Bromo," ujar Eka Armadi, F&B Supervisor Teras Bromo.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Untuk makanan yang ditawarkan pun beragam. Teras Bromo menyajikan menu dengan citarasa Nusantara dan Asia.

"Makanan misalnya kita ada sambel krangean, itu cuma ada di tengger aja. Itu ada kita pohon krangean yang setahu saya tumbuh di Tengger saja. Gurame telur asin, ayam lengkuas, sama ikan obong (ikan bakar)," tutur Eka.

"Di mana Plataran itu berdiri di sana kita juga merangkul local geniusnya termasuk makanan dan budaya," imbuhnya.

Gurame telur asin (Kurnia/detikTravel)Gurame telur asin (Kurnia/detikTravel)
Untuk menu makanan utama biayanya mulai dari Rp 45 ribu. Minumannya juga banyak pilihan, mulai dari teh, kopi, coklat sampai bajigur dan bandrek. Bandrek Tosari misalnya, dijual dengan harga Rp 28 ribu.

Teras Bromo menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap buat traveler. Tempat makan yang nyaman, coffee corner, musala, pura, area lounge, refreshment area dengan shower air panas, toilet, tempat parkir yang luas hingga jeep check point, semua tersedia. Untuk wisata ke sana hanya bisa naik jeep, mengingat medannya yang cukup menantang.

BACA JUGA: Rela Bangun Dini Hari Demi Sunrise Gunung Bromo

Check point ini hadir sebagai pilihan tempat beristirahat dan persiapan sebelum ke Bromo, dengan fasilitas memadai. Maka traveler yang mau naik jeep ke Bromo bisa menyewa dan mulai berangkat dari Teras Bromo. Selama bertualang naik jeep, kendaraan pribadi bisa traveler parkirkan saja di Teras Bromo ini.

"Teras Bromo jadi jeep check point juga dengan fasilitas lengkap. Ada 120 jeep yang sudah kita kerjasama," ucap Fauzi Prihatin, Area Manager Plataran Bromo.

Posisi Teras Bromo bisa dibilang cukup dekat untuk menuju view point sunrise di Penanjakan 1. Untuk ke Penanjakan 1 bisa ditempuh sekitar 1 jam.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
"Kita paling dekat ke Penanjakan. Itu kelebihannya lewat Pasuruan. Kalau kita selalu berangkat jam 03.00, biar bisa sampai Penanjakan view point yang paling atas. Kalau lebih siang nanti macet," jelasnya.

Sewa jeep ke Bromo berkisar Rp 550.000-Rp 750.000. Sedangkan harga tiket masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Rp 32.500 per orang saat akhir pekan dan Rp 27.500 di hari biasa. Kalau untuk turis asing, biaya per orang naik 10 kali lipatnya. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED