Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Okt 2018 11:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Penyelamatan Penyu di Lombok

Harianto Nukman
detikTravel
Anak tukik di penangkaran penyu pantai Mapak Indah Mataram (Harianto Nukman/detikTravel)
Mataram - Liburan di Lombok, cobalah mampir sejenak di Pantai Mapak Indah. Pantai di Mataram ini memiliki tempat penangkaran penyu. Ada kisah inspiratif di baliknya lho!

Lokasi pantai ini tak jauh dari destinasi Makam Loang Baloq di Jalan Soedjojono, Lingkar Selatan, Mataram. Jaraknya dari sana sekitar kurang lebih 500 meter ke arah timur. Persisnya bersebelahan dengan Pantai Gading, sebuah pantai yang cukup diminati untuk liburan keluarga di akhir pekan.

Belum banyak wisatawan yang tahu pantai Mapak Indah sebagai tempat penangkaran penyu. Dari penuturan H Awan (40), Ketua Kelompok Pelestari Penyu Mapak, pernah ada satu dua orang wisatawan asal Jerman dan Belanda datang ke pantai ini, tapi itu pun hanya kebetulan.

Wisman itu datang untuk menikmati keindahan sunset di pantai Mapak Indah, pun demikian dengan wisatawan domestik yang saban sore ramai berkunjung ke sana. Tapi tak banyak orang yang memperhatikan keberadaan penangkaran anak penyu (tukik) itu.

Tempat Penyelamatan Penyu di LombokFoto: (Harianto Nukman/detikTravel)


"Pantai ini kan lumayan bagus untuk sunsetnya. Kebetulan ada turis bule itu datang lihat-lihat dan saya tawarkan untuk selfie dengan tukik ini," tutur H Awan saat detikTravel berkunjung ke sana, Sabtu (20/10/2018) kemarin.

Kolam penangkaran penyu yang dibuat H Awan berukuran 3x5 meter. Dia baru setahun yang lalu mulai membudidayakan penyu di lokasi warung makan tempatnya berjualan menu kuliner khas tradisional Lombok.

Dia mengungkapkan awal mula dirinya membuat penangkaran penyu karena merasa kasihan terhadap jenis hewan biota laut yang dilindungi itu. Awalnya banyak warga di sekitar lingkungan sana yang menyia-nyiakan keberlangsungan hidup anak tukik tersebut.

Saat musim bertelur, biasanya di bulan Juni, Juli sampai Agustus, setiap pagi warga di sekitar sana banyak yang menemukan telur-telur penyu di pinggir pantai Mapak.

"Mereka tidak tahu cara memanfaatkan hewan langka ini. Telurnya banyak dijadikan mainan. Mungkin karena mereka tidak tahu. Ada juga yang bawa telur tukik ini untuk dijual ke pasar," ungkap H Awan.

Tempat Penyelamatan Penyu di LombokFoto: (Harianto Nukman/detikTravel)


Merasa kasihan dengan keberlangsungan hewan itu, sejak tahun 2016 lalu dia mulai peduli dengan cara menjadikan lokasinya berjualan sebagai tempat penangkaran penyu. Dia membuat kolam kecil untuk menampung telur tukik yang sudah menetas.

Selama satu setengah bulan lamanya ia harus bersabar merawat biji-biji telur penyu itu agar bisa menetas dengan selamat. Satu induk penyu biasanya mampu menghasilkan minimal 50 butir telur. Telurnya dipisahkan per satu induk dan diberi tanda ruang lingkaran kawat berukuran setengah meter.

Apabila waktunya telah tiba, ketika anak tukik berusia 3 bulan, H Awan akan mengundang warga sekitar untuk menyaksikan pelepasan anak tukik ke habitatnya yang semula. Dua kali sudah warga sekitar sana melepas liar penyu ke lautan lepas.

Apabila sudah dewasa, penyu-penyu betina tersebut akan kembali pulang ke pantai Mapak Indah untuk menitipkan puluhan butir telurnya.

Tempat Penyelamatan Penyu di LombokFoto: (Harianto Nukman/detikTravel)


Saban bulan Juni, Juli dan Agustus, H Awan rela begadang, menghabiskan waktunya dari jam 9 malam hingga jam 5 dini hari untuk menunggui dari jauh sekawanan penyu betina yang datang bertelur di pantai Mapak Indah.

Bagi traveler yang penasaran dengan pantai Mapak Indah, datanglah melihat ratusan anak tukik yang imut dan unyu-unyu itu.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA