Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Des 2018 07:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Belum Move On dari Liburan? Ke Trenggalek Yuk, Ada Pantai Pelang

Adhar Muttaqin
detikTravel
Foto: Pantai Pelang di Trenggalek (Adhar Muttaqin /detikTravel)
Foto: Pantai Pelang di Trenggalek (Adhar Muttaqin /detikTravel)
Trenggalek - Ayo rencanakan liburan pekan selanjutnya. Kalau ke Trenggalek, kamu harus ke Pantai Pelang. Ada bukit, pemandangannya cantik dan ada air terjunnya juga.

Kalau kamu belum bisa move on dari liburan kemarin, ayo deh rencanakan liburan selanjutnya. Nah di Trenggalek, Jawa Timur ada satu destinasi pantai dan air terjun yang menarik dan layak dikunjungi, eksotisme pantai yang bisa dinikmati dari atas bukit.

Pantai Pelang di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, menjadi salah satu andalan destinasi wisata bagi pemerintah Kabupaten Trenggalek. Keindahan pantai yang dihiasi batu-batu karang alami ini mampu untuk memanjakan mata dan menghilangkan stres.

Kini untuk menikmati keindahan Pantai Pelang tidak hanya dari bibir pantai saja, namun juga dapat dilihat dari atas gardu pandang yang dibangun di atas bukit karang yang ada di kawasan Pelang. Untuk menjangkaunya, pengunjung harus menyiapkan tenaga tambahan agar bisa menapaki bukit dan gardu pandang.

"Tapi begitu sampai di atas gardu pandang langsung terpuaskan, karena kita bisa menyaksikan lukisan alam yang begitu indah. Kawasan pantai bisa kita saksikan dengan sudut yang berbeda," kata salah satu pengunjung, Agustiawan saat dijumpai detikTravel, Sabtu (1/12/2018).

(Adhar Muttaqin /detikTravel)(Adhar Muttaqin /detikTravel)
Gugusan pulau-pulau karang yang ada di sekitar bibir pantai tampak lebih eksotis disaksikan dari atas gardu pandang, keindahan ini mirip beberapa destinasi wisata di Pulau Bali.

"Menikmati pantai dari atas tentu menjadi satu hal yang menarik, karena belum tentu ada di tempat lain. Di sini ini selain pantai ada juga beberapa wahana yang asik untuk dikunjungi yaitu air terjun, itu satu lokasi dengan pantai," ujarnya.

Menurutnya, berkunjung ke kawasan pesisir selatan Trenggalek ini menjadi keasyikan tersendiri, karena dalam satu lokasi dapat menikmati beberapa wahana sekaligus, mulai dari pantai, gardu pandang, air terjun, kolam renang hingga wisata kuliner khas pantai.

(Adhar Muttaqin /detikTravel)(Adhar Muttaqin /detikTravel)
Tak hanya itu saja, untuk memanjakan para pengunjung wisata, pada akhir pekan Dinas Pariwisata Trenggalek menggelar berbagai pertunjukan seni, mulai dari musik keroncong, band hingga kesenian tradisional.

"Penambahan atraksi ini diharapkan akan membuat para pengunjung semakin betah untuk menikmati alam Trenggalek," kata Joko Irianto.

Pelang menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah, karena memiliki potensi besar untuk mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah, terlebih lokasinya berada di jalur lintas selatan, dan menyambung langsung dengan Kabupaten Pacitan hingga Yogyakarta.

"Upaya peningkatan fasilitas bagi wisatawan, terbukti jumlah kunjungan wisata di Pantai Pelang ini meningkat 100 persen, kalau dulu hanya sekitar 50 ribu/tahun, untuk saat ini sudah lebih dari 100 ribu orang," ujarnya.

(Adhar Muttaqin /detikTravel)(Adhar Muttaqin /detikTravel)
Dikatakan, nilai strategis Pantai Pelang juga didukung oleh beberapa destinasi wisata lain yang ada di sekitarnya, seperti Konservasi Penyu Taman Kili-kili dan Pantai Konang. Selain itu di sekitar pusat kota Kecamatan Panggul juga telah tersedia tempat penginapan, hotel serta dukungan fasilitas publik berupa taman alun-alun.

(Adhar Muttaqin /detikTravel)(Adhar Muttaqin /detikTravel)
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED