Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Des 2018 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau ke Air Terjun Lembah Anai, Jangan Dulu Deh

Syanti Mustika
detikTravel
Air Terjun Lembah Anai  (Randy/detikTravel)
Air Terjun Lembah Anai (Randy/detikTravel)
Bukittinggi - Traveler yang mau liburan ke Air Terjun Lembah Anai, jangan dulu ke sana deh. Lagi ada bencana banjir. Ini ada beberapa destinasi alternatif dan lebih aman.

Air Terjun Lembah Anai menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Lokasinya yang strategis, berada di tepi jalan utama Padang-Bukittinggi menjadikan air terjun ini destinasi wajib bila melintas di jalan ini.

Namun, curah hujan tinggi mengakibatkan debit Air Terjun Lembah Anai membesar hingga melimpah ke jalan. Tentu ini berbahaya bagi traveler yang ingin berwisata ke sana.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menginformasikan hujan deras juga merobohkan jembatan di Kayu Tanam, penghubung Padang-Bukittinggi. Jaraknya hanya 9 km dari Air Terjun Lembah Anai.

Terus apa yang bisa traveler lakukan jika terjebak di Kabupaten Tanah Datar atau di Bukittinggi? Dihimpun detikTravel, Rabu (12/12/2018) ini destinasi alternatif yang lebih aman:

1. Istano Basa Pagaruyung

(gedeleo/d'Traveler)(gedeleo/d'Traveler) Foto: undefined


Istano atau bahasa Indonesianya istana, merupakan bangunan ikonik dan kebanggan warga Tanah Datar. Istana ini berada di Tanjung Emas, tidak jauh dari Kota Batusangakar. Di sini kamu bisa meliat betapa megahnya struktur bangunan rumah tradisional Minangkabau.

2. Batu Angkek-angkek
 (Ajin Fajrin Ahmad/dTraveler) (Ajin Fajrin Ahmad/dTraveler) Foto: undefined


Objek wisata Batu Angkek-angkek berada di Nagari Sungayang, sekitar 9 Km dari Kota Batusangakar. Angkek berarti angkat, sesuai dengan namanya di sini kamu bisa mengangkat batu yang dipercaya masyarakat bila batunya terangkat, maka keinginan kamu terkabul.

3. Fort Van der Capellen


View this post on Instagram

Sekarang di Pasar Van der Capellen tidak hanya tersedia jajanan otentik tapi juga lauk khas Luhak nan Tuo. Habis sarapan, bisa langsung belanja lauk pauk deh buat makan siangnya. . Eh, ada ibu Merry Warti dari @emersia_bts juga lagi belanja di Pasar Van der Capellen. . . . @pesonaid_travel @genpi.co @genpi_id @genpinews @kemenpar 馃敻馃敼馃敻馃敼馃敻馃敼馃敻馃敼馃敻馃敼馃敻 @genwi_thailand @genwi_malaysia @genwitiongkok @genwi.singapura @genwi_int @genwiindia @genwi.australia @genwi_philipines @genwijapan @genwikorea @genwinewzealand ___________________________________ @minangtourism @sumbar_travel @genpisumbar @genpi_tanahdatar @authenticminangkabau @emersia_bts @istanobasapagaruyung #pasarvandercapellen #pasarcapellen #genpi_tanahdatar #genpisumbar #genpi_id #minangtourism #infosumbar #explore_sumbar #paimalala #destinasidigital #minangsedunia #anakanakminang #minangkekinian #minangrancak #sumbarrancak #wisatasumbar #udaunitanahdatar #photography #culture #minangkabau #DestinasiDigitalGenpiKeren

A post shared by Pasar Van Der Capellen (@pasarcapellen) on Oct 14, 2018 at 7:19pm PDT


Di Batusangkar terdapat benteng peninggalan Belanda bernama Fort Van der Capellen. Benteng ini telah direnovasi sesuai bentuk awal dibangunnya, dan kamu bisa berkeliling dan berfoto-foto di kawasan benteng.

Di setiap hari Minggu ada Pasar Van Der Capellen yang menghadirkan nuansa masa lalu dengan gaya yang instagramble. Juga ada beragam kuliner yang bisa kamu cicipi di sini.

4. Jam Gadang
 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel) Foto: undefined



Siapa sih yang tidak kenal dengan ikon Sumatera Barat, Jam Gadang? Jam pemberian Ratu Belanda di tahun 1926 ini berada di Kota Bukittinggi. Setelah puas berfoto-foto di Jam Gadang kamu bisa berbelanja beragam oleh-oleh di pasar yang tak jauh dari Jam Gadang.

5. Rumah Kelahiran Bung Hatta

 (Syanti/detikTravel) (Syanti/detikTravel) Foto: undefined


Bung Hatta merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Minangkabau. Jika traveler ingin melihat bagaimana kediaman Bung Hatta, foto-foto semenjak dia kecil sampai dewasa, datang saja ke Jalan Soekarno Hatta no 37, Bukittinggi. Rumah ini tidak jauh dari Jam Gadang.

Masih banyak tempat-tempat menarik yang berada di Kota Bukitinggi dan Kabupaten Tanah Datar, selain Air Terjun Lembah Anai. Namun sebelum bepergian tetaplah update tentang perkembangan cuaca.

Hati-hati ya traveler!



Tonton juga 'Curug Cimahi, Air Terjun Tertinggi di Kota Bandung':

[Gambas:Video 20detik]


(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA