Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Jan 2019 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Golesat, Wahana Baru yang Menantang Adrenalin di Bandung

Wisma Putra
detikTravel
Wahana Golesat di Rancabali Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Wahana Golesat di Rancabali Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Ada wahana baru untuk kamu yang ingin liburan ke Rancabali, Bandung. Namanya Golecet, seluncuran yang jalurnya menantang adrenalin!

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kunjungi saja wahana wisata baru yang berada di objek wisata Glamping Lakeside, Rancabali.

Wahana wisata baru ini dinamai 'Golesat'. Cara memainkannya seperti Olahraga Drift Trike atau sebuah permainan dengan menggunakan sepeda roda tiga sambil menyusuri jalanan menurun dan berkelok.

 (Wisma Putra/detikTravel) (Wisma Putra/detikTravel) Foto: undefined


Marketing Comunnication Galamping Lakeside Marcelinus mengatakan, wahana wisata ini dinamai Golesat oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dibangun akhir Tahun 2018 lalu.

"Wahana wisata baru ini dinamai Golesat oleh Gubernur Jabar Bapak Ridwan Kamil. Golesat itu bisa dibilang melesat di sebuah trek sepanjang 550 meter," kata Marcelinus kepada detikTravel, Senin (7/1/2019).

Di wahana ini, wisatawan dapat menikmati sensasi meluncur bebas mengintari Perkebunan Teh Rancabali. Selain itu saat melesat mengintari kebun teh kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan Situ Patengan.

Wahana ini benar-benar hanya memanfaatkan gravitasi dan kontur tanah dengan tingkat kemiringan yang cukup menantang. Saat melintasi trek Golesat, wisatawan tidak perlu takut terjatuh karena Golesat ini sudah dilengkapi dengan tuas rem yang berada pada stang yang terhubung ke roda depan.

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel) Foto: undefined


Cara menggunakannya, hanya perlu menarik stang ke bagian belakang untuk melakukan pengereman demi menghindari tabrakan dengan pengendara lainnya. Selain itu pengendara juga tidak perlu khawatir kecelakaan karena setiap pengendara dilengkapi safety helmet.

"Saat ini treknya baru 550 meter saja. Mudah-mudahan di 2019 kami akan menambah trek lagi. Dan kendaraannya kita sudah siapkan 50 kendaraan. Semua tidak memakai mesin hanya memanfaatkan gravitasi dan kemiringan kontur tanah," ungkapnya.

Ia juga menuturkan wahana serupa juga sudah ada di beberapa negara seperti Korea, Selandia baru dan Singapura. Namun untuk di Indonesia pihaknya belum pernah menemui wahana serupa.

"Wahana ini terinspirasi dari kurangnya wahana. Jadi kami ingin memanfaatkan kontur tanah di Rancabali yang ada tanpa mengubah bentang alam. Makanya kami bangun treknya benar-benar mengikuti kontur tanah," katanya.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/01/07/954baa93-db4b-444f-8b47-eff9eb2a9031.jpeg?a=1
(Wisma Putra/detikTravel)

Ia menambahkan, animo dari para wisatawan pun sangat baik. Hal itu terlihat pada saat uji coba beberapa waktu lalu sebelum secara resmi dibuka, banyak pengunjung ingin ingin mecoba sensasi ngagolesat.

"Kemarin saja sebelum kami buka secara resmi sudah banyak tamu yang mencoba dan animonya sangat bagus," katanya.

Pembangunan wahana wisata ini belum sempurna. Pihaknya masih berupaya merampungkan pembangunan gate atau stasiun Golesat untuk keluar masuk pengunjung. Selain itu pihaknya juga masih melakukan finishing dengan memasang karet pada dinding trek untuk menghindari kecelakaan.

Untuk menikmati sensasi melesat bebas para pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 50 ribu saja. Itu termasuk paket biaya masuk dan wahana-wahana lainnya. Seperti taman kelinci, taman bunga dan berswafoto sepuasnya di jembatan gantung penyembrangan ke Pinisi Resto serta berfoto-foto ria di deck kapal Phinisi Raksasa sebagai ikon Glamping Lakeside Rancabali.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/01/07/2a9f4d9d-e3ef-4099-835c-5e3929fbae26.jpeg?a=1
(Wisma Putra/detikTravel)

Salah satu wisatawan asal Bogor Mujahidin (28) berujar, wahana wisata Golesat ini sangat memiliki sesnsasi yang luar biasa. Apalagi saat mel uncur di atas ketinggian.

"Seru, menegangkan, rame pokoknya. Saya main permainan ini dengan teman kampus, baru pertama kali karena belum ada dimana-mana permainan seperti ini. Sangat recomended sekali, di sini ada wahana baru namanya Golesat," ujar Mujahidin.

Sementara itu, wisatawan lainnya asal Tarogong Garut M Fajar Ramadan (17) dan Agnes Mulyani (17) mengaku senang mencoba pertama kali Golesat di Glamping Lakeside. Selain itu mereka juga berharap trek Golesat tersebut diperpanjang agar sensasi meluncur bisa lebih menyenangkan dan menantang.

"Asyik, menarik dan cukup manantang. Tapi kurang lama saja, setiap pengunjung hanya diperbolehkan sekali untuk paket wisata," kata keduanya.

Traveler tertarik mencoba? (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA