Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jan 2019 18:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kawasan Glodok & Petak 9 Jadi Merah Jelang Imlek

Suasana jelang Imlek di Glodok (Randy/detikTravel)
Jakarta - Imlek di awal Februari mendatang, namun kemeriahannya mulai terasa di kawasan Glodok dan Petak 9. Hiasan hingga pernak-pernik berwarna merah sudah bermunculan.

Tahun ini perayaan Hari Raya Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari 2019 mendatang. Namun, kawasan Glodok yang didominasi oleh etnis Tionghoa sudah mulai bersiap untuk merayakan moment sekali dalam setahun tersebut. Hari Kamis ini, (17/1/2019) detikTravel pun datang ke sana untuk melihat kemeriahannya.

Dimulai dari kawasan Petak 9, Vihara Dharma Bakti di Jalan Kemanggisan III sudah mulai menghias diri dengan lampion berwarna merah. Di siang hari ini, aktivitas sejumlah umat yang bersembahyang juga tampak. Sambil memegang hio, masing-masing memanjatkan doa dan menancapkannya di altar silih berganti.

(Johanes Randy/detikTravel)Penjaja pakaian imlek di Glodok (Randy/detikTravel)
Di pekarangan vihara, sejumlah rakyat kecil juga tampak duduk di lantai sambil mengajak serta anaknya. Tak sedikit dari mereka yang menjemput rezeki dari para umat yang bersembahyang di vihara. Di mana puncaknya akan bertempat jelang dan saat momen imlek.

Berjalan sedikit melewati pasar menuju Kali Mati, tak sedikit pedagang yang menjajakan aneka printilan terkait imlek seperti lampion, kertas angpao hingga kaos dan pakaian bertema babi. Seperti diketahui, tahun ini merupakan giliran shio babi. Oleh sebab itu, hampir semua hiasan yang didominasi warna merah itu juga menyertakan ikon babi di dalamnya.

"Kaosnya, kaosnya. Rp 50 ribuan," ujar salah satu penjaja pakaian.

 (Johanes Randy/detikTravel) (Randy/detikTravel)
Melihat kemeriahan yang mengular di Petak 9, detikTravel pun membeli beberapa buah tangan. Jadilah sebuah kaos berwarna merah dengan gambar babi berpindah tangan. Angpao bergambar babi pun ikut dibawa pulang.

"Angpaonya kak, sepuluh ribuan isi 10. Ada juga yang sepaket," ujar salah satu penjual lain.

Sibuk mengamati pilihan dan hiasan Imlek, tiba-tiba ada seorang pria dengan kostum barongsai menghampiri dan menawarkan amplop untuk diisi uang. Tak usah kaget, kawasan Glodok memang dikenal akan barongsainya yang kerap menjemput rezeki dari satu toko ke toko lainnya.

Amplop bergambar shio babiAmplop bergambar shio babi (Randy/detikTravel)
"Mas, amplopnya, biar rezeki," ujar sang pria dengan kostum barongsai hitam di punggungnya

Apabila ingin mencari kue khas Imlek atau Nastar, traveler juga bisa mampir ke kawasan Petak 9. Di sana dapat dijumpai aneka permen, manisan buah hingga kue kerankang. Untuk kue keranjang harganya adalah Rp 40 ribu/Kg. Kue Mangkok isi lima sekitar Rp 22.500 dan Rp 50 ribu untuk manisan segi delapan.

Jika ingin merasakan euphoria jelang Imlek, traveler pun bisa mampir ke kawasan Petak 9 dan Glodok. Lihat dan rayakanlah keragaman Indonesia dalam budaya Tionghoa di Pecinan Jakarta. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA