Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Mei 2019 03:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa di Bali yang Dipuji Jokowi

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Instagram/jokowi)
Foto: (Instagram/jokowi)
Badung - Saat kunjungannya ke Bali, Presiden Jokowi berkunjung ke Desa Kutuh, Badung. Jokowi pun memuji desa yang sedang mengembangkan sport tourism ini.

Dalam Instagram pribadinya yang dilihat detikcom, Minggu (19/5/2019) Presiden Jokowi memuji sebuah desa di Bali. Desa itu adalah Desa Kutuh yang berada di Kuta Selatan, Badung.

Kemarin, Jumat (17/5/2019) Jokowi ke Bali setelah usai berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Setiba di Bali, Jokowi berkunjung ke Desa Kutuh yang berada di Kuta Selatan, Badung. Perlu traveler ketahui, Desa Kutuh ini sedang mengembangkan pariwisata berbasis olahraga. Saat ini, di desa itu sudah dibangun lapangan bola menggunakan dana desa dan swadaya.

View this post on Instagram

Semula tak ada yang menjanjikan dari Desa Kutuh di Kabupaten Badung, Bali. Daerahnya tandus, berbatas pantai dan batu-batu karang, dan dikelilingi gunung. Warganya jadi petani dan nelayan. Dana Desa yang datang mengucur setiap tahun sejak tahun 2015 telah mengubah wajah Desa Kutuh. Uang sekitar satu miliar setahun itu dimanfaatkan untuk membangun sarana yang menunjang ekonomi masyarakat: jalan desa 957 meter, jembatan, pasar desa, BUMDes, tambatan perahu, embung, irigasi, dan sarana olahraga. Hasilnya terlihat dengan cepat. Desa Kutuh menjelma jadi desa tujuan wisata, terutama sport tourism. Desa Kutuh menyewakan lapangan bola untuk latihan dan kompetisi, bahkan ada lomba paralayang yang dalam setahun bisa menghasilkan Rp800 juta. Pantai Pandawa di desa ini juga jadi ikon pariwisata baru yang dikunjungi wisatawan mancanegara. Dari semua kegiatan, Desa Kutuh mendapatkan imbal balik sampai Rp50 miliar per tahun. Desa Kutuh mampu keluar dari jerat kemiskinan dengan memanfaatkan dan mengelola dana desa dari pemerintah pusat dengan tepat dan efisien.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on May 17, 2019 at 8:47pm PDT



Hal inilah yang dipuji oleh Jokowi, kemampuan desa mengelola dana hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam caption-nya Jokowi jua mengungkapkan kehebatan Desa Kutuh yang fokus dalam pengembangan sport tourism.

"...Hasilnya terlihat dengan cepat. Desa Kutuh menjelma jadi desa tujuan wisata, terutama sport tourism. Desa Kutuh menyewakan lapangan bola untuk latihan dan kompetisi, bahkan ada lomba paralayang yang dalam setahun bisa menghasilkan Rp 800 juta. Pantai Pandawa di desa ini juga jadi ikon pariwisata baru yang dikunjungi wisatawan mancanegara..." begitu caption-nya.

Sesuai yang ditulis Jokowi dalam caption-nya, salah satu destinasi yang sangat populer di kalangan wisatawan di Desa Kutuh adalah Pantai Pandawa. Pantai dengan jalanan yang diapit dua tebing tingginya ini punya pemandangan cantik.

Selain menikmati pantai, di Pantai Pandawa kamu juga bisa berselancar dan bermain paradigling. Tidak hanya punya Pantai Pandawa, Desa Kutuh juga punya Pantai Gunung Payung dan spot foto dengan bangkai pesawat. Bangkai pesawat ini sempat viral dan menarik mata wisatawan yang datang ke Bali.

Pantai Pandawa (Syanti/detikcom)Pantai Pandawa (Syanti/detikcom)


Dalam foto yang di upload Presiden Jokowi ke Instagram-nya, terlihat Jokowi berfoto bersama dengan 3 orang yang sedang bersiap-siap untuk paralayang. Dengan latar laut dan langit biru, Jokowi berfoto dengan tersenyum dan berinteraksi dengan tiga orang di dalam foto.

BACA JUGA: Jokowi Promosi Keindahan Tol Pandaan-Malang

Desa Kutuh apabila ditempuh dari Denpasar, memakan waktu perjalan sekitar 55 menit dengan mobil (24 Km). Sesuai dengan perencanaan ke depannya, Desa Kutuh akan membangun dan melengkapi segala fasilitas dan sarana penunjang di lapangan sepakbola dengan standar internasional.

Kita tunggu saja ya! (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bukit Teletubbies dari Yogya

Selasa, 25 Jun 2019 10:50 WIB

Liburan sekolah ke Yogyakarta, ada tempat wisata baru yang bisa traveler kunjungi. Namanya Bukit Teletubbies Domes View. Suasananya masih sepi dan asri.