Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Mei 2019 16:28 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Minggu Kedua Ramadhan, Pengunjung Kawasan Wisata Dlingo Menurun

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Foto: Kawasan wisata Dlingo (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Foto: Kawasan wisata Dlingo (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul - Memasuki pekan kedua bulan Ramadhan, jumlah pengunjung di kawasan wisata Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul mengalami penurunan. Penurunannya mencapai 30%.

Pantauan detikcom di Puncak Becici, tampak area parkir yang biasanya dipadati kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 begitu lengang. Tak hanya itu, kursi-kursi yang biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai di kawasan Puncak Becici sebagian besar tidak digunakan.

"Memang kalau awal-awal bulan puasa seperti ini ada penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Untuk penurunannya sekitar 30 persen," ujar Ketua Koperasi Notowono atau pengelola objek wisata di Desa Terong, Muntuk dan Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul, Purwo Harsono saat ditemui di Kantor Koperasi Notowono, Desa Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul, Sabtu (18/5/2019).

Lanjut pria yang kerap disapa Ipung ini, jumlah wisatawan yang datang saat bulan ramadhan berkisar 4-5 ribu orang. Jumlah itu merupakan jumlah kunjungan wisata selama sepekan di kawasan wisata Desa Terong, Muntuk dan Mangunan Kecamatan Dlingo, Bantul.

Minggu Kedua Ramadhan, Pengunjung Kawasan Wisata Dlingo MenurunFoto: Suasananya sepi (Pradito/detikcom)


Sedangkan rata-rata kunjungan wisata sebelum bulan ramadhan mencapai 8-9 ribu orang. Bahkan, ketika long weekend kemarin jumlah kunjungan di tiga Desa Wisata itu mencapai 19 ribu orang.

Kendati demikian, Ipung menilai penurunan tersebut hanya bersifat sementara. Karena berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung akan meningkat saat seminggu menelang hari raya Idul Fitri.

"Memang trendnya seperti ini kalau masuk bulan Ramadhan, tapi seminggu sebelum Idul Fitri akan biasanya meningkat. Itu karena pemudik sudah datang ke Yogyakarta dan pasti ingin berwisata," kata Ipung.

Minggu Kedua Ramadhan, Pengunjung Kawasan Wisata Dlingo MenurunFoto: Akan ramai lagi jelang Idul Fitri (Pradito/detikcom)


Ipung menjelaskan, sepinya kunjungan wisatawan tidak membuat pengelola tempat wisata di Kecamatan Dlingo berkecil hati. Momen tersebut malah dijadikan untuk meningkatkan daya tarik tempat-tempat wisata.

"Saat-saat seperti ini kami gunakan untuk memperbaiki spot dan lingkungan di tempat-tempat wisata. Seperti membuat spot foto baru seperti di Pinus Pengger, dan spot foto baru di Pinus Sari," ucapnya.

"Semua itu dilakukan untuk menyambut wisatawan yang datang saat menjelang lebaran besok dan memberi kesan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED