Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Mei 2019 22:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik Lewat Jalur Garut, Banyak Tempat Wisata Menarik Lho!

Hakim Ghani
detikTravel
Hutan pinus di Garut (Hakim Ghani/detikcom)
Hutan pinus di Garut (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Hayo, siapa yang mudik lewat jalur Garut? Sempatkan liburan ke berbagai destinasi wisata menarik ini yuk.

Musim mudik lebaran 2019 akan segera datang. Jika mudik melalui jalur Garut, ada baiknya untuk mampir dulu ke banyak tempat wisata yang ada di jalur mudik selatan Garut.

Kabupaten Garut dianugerahi banyak tempat destinasi wisata. Tidak hanya di perkotaan, banyak destinasi wisata yang terletak di kawasan jalur mudik yang bisa jadi tempat persinggahan sementara saat perjalanan menuju kampung halaman.

"Seperti Situ Cangkuang dan Bagendit. Para pemudik yang datang bisa menikmati pesona alam dan budaya di Garut," ujar Kadisbudpar Garut Budi Gangan kepada wartawan di Pendopo, Minggu (19/5) kemarin.

detikcom mencatat, setidaknya ada belasan tempat wisata yang bisa dikunjungi saat pemudik melintasi jalur Garut dari berbagai akses.

Jalur Kadungora-Leles

(Hakim/detikcom)(Hakim/detikcom)


Jalur mudik ini merupakan akses utama menuju pusat perkotaan Kabupaten Garut dari arah Bandung. Ada sejumlah lokasi wisata yang bisa disinggahi saat mudik lewat jalur ini. Yang pertama dan yang paling banyak dikunjungi adalah kawasan wisata air panas Cipanas.

Lokasinya terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, sekitar 30 menit diakses dari Gapura selamat datang di Garut. Di lokasi ini, ada banyak wahana air yang disediakan. Mulai dari waterboom, pemandian, kamar berendam hingga hotel kualitas jempolan.

Selain Cipanas, saat mudik melalui Jalur Kadungora-Leles, pemudik juga bisa singgah di kawasan Wisata Situ Cangkuang. Lokasinya berada di Kecamatan Leles. Sekitar 15 menit diakses menuju timur Alun-alun Leles. Di kawasan ini, pemudik bisa mengarungi danau menggunakan perahu kayu. Pemudik juga bisa melihat situs Candi Cangkuang.

Kawasan Kebun Durian Garut juga bisa dijadikan tempat persinggahan. Pengunjung bisa memetik buah durian langsung dari pohonnya di tempat ini.

Lokasi Kebun Durian Garut terletak di Jalan KH Anwar Musaddad, tepatnya di Kampung Kuyamut, Tarogong Kaler. Tidak jauh dari kawasan pemandian air panas Cipanas. Buka setiap hari, siang hingga sore hari.

Selain itu, sebenarnya Taman Satwa Cikembulan yang terletak di Kadungora juga bisa jadi destinasi. Hanya saja, taman satwa satu-satunya di Garut ini diketahui tidak beroperasi selama bulan Ramadhan 2019.

Jalur Limbangan-Malangbong

(Hakim/detikcom)(Hakim/detikcom)


Di jalur ini, pemudik bisa mengunjungi salah satu tempat wisata baru yakni Leweung Oko. Hamparan hutan pinus yang tempatnya sejuk dan instagramable. Lokasinya di Kecamatan Selaawi, Diakses 30 menitan dari kawasan Limbangan. Pemudik bisa nyantai dan memulihkan tenaga di tempat ini. Udara sejuk khas pegunungan dan pemandangan alam dijamin membuat semangat balik lagi.

Jalur Limbangan-Malangbong sebenarnya hanya perlintasan para pemudik yang kebanyakan hendak menuju Tasik dan Jawa Tengah. Namun tak jarang juga pemudik asal Garut yang harus melalui jalur ini karena berbagai alasan seperti pengalihan arus.

Jika mudik menuju perkotaan Garut lewat jalur ini, para pemudik bisa singgah di kawasan wisata Situ Bagendit. Di tempat ini pemudik bisa niis atau bersantai dengan pemandangan hamparan danau Situ Bagendit yang asri. Buka setiap hari, pagi hingga sore.

BACA JUGA: Mudik ke Surabaya, Sekalian Liburan ke Tempat Wisatanya

Jalur Salawu-Cilawu

Selain dua jalur tadi, Jalur Salawu-Cilawu juga bisa jadi alternatif bagi para pemudik yang hendak menuju Garut dari Ciamis dan Tasik. Melintas di jalur ini, pemudik bisa singgah di kawasan wisata alam Dayeuhmanggung. Di tempat ini, pemudik bisa santai di kebun teh sambil berfoto karena tempatnya yang indah. Ada tiga tempat hits yang bisa dikunjungi di wilayah ini. Yakni Kampoeng Amsterdam, Kampoeng Jokowi dan Kampoeng My Darling.

Lokasinya terletak di kawasan perkebunan teh Dayeuhmanggung, tepatnya Jalan Raya Garut-Tasik, Kecamatan Cilawu. Sekitar 60 menit diakses dari kawasan Singaparna, Kabupaten Tasik. Tempat ini buka setiap hari dari siang sampai sore.

Jalur Ibun-Kamojang

(Hakim/detikcom)(Hakim/detikcom)


Di lokasi ini, memang tidak banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun para pemudik yang melintas Jalur Ibun-Kamojang dan hendak menuju Garut dari Kabupaten Bandung bisa singgah dulu di jembatan kuning Kamojang Hill Bridge. Lokasi ini memang bukan tempat wisata, namun para pemudik bisa berfoto dan bersantai di situ karena lokasinya yang indah.

Selain itu, para pemudik bisa singgah di kawasan Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK). Di lokasi ini, pemudik bisa berwisata sambil belajar tentang elang. Para pemandu akan memberi ilmu seluk beluk elang. Lokasi PKEK terletak di Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Masih di jalur Kamojang-Ibun.

Jalur Cidaun-Bungbulang

Jalur ini memang bukan jalur utama pemudik menuju Garut. Namun volume kendaraan yang melalui jalur ini kerap meningkat saat musim mudik. Rata-rata, para pemudik dari Sukabumi dan Cianjur yang melintasi jalur ini.

Di jalur ini, para pemudik bisa singgah dan berwisata sekejap di kawasan pantai selatan Garut. Ada banyak pantai yang bisa disinggahi, seperti Pantai Rancabuaya dan Pantai Santolo.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED