Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Mei 2019 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Didatangi Saat Mudik

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Tugu keris di Solo (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Tugu keris di Solo (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Solo - Solo menjadi salah satu destinasi yang populer didatangi pemudik. Buat kamu yang mau mudik ke sana dalam Lebaran tahun ini, berikut 20 tempat wisata di Solo.

Dikenal sebagai kampung halaman Presiden Jokowi, Solo juga merupakan kota wisata mudik yang cukup populer di Jawa Tengah. Tak sedikit destinasi wisata yang bisa dikunjungi traveler, khususnya saat mudik nanti.

Baik kamu yang ingin belanja batik, kulineran atau wisata budaya, semua bisa kamu dapatkan di Solo. Dihimpun detikcom, Selasa (21/5/2019), berikut 20 tempat wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi saat mudik:

1. Grojogan Sewu

Dikenal sejuk dan hijau, Tawangmangu memiliki objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu yang kerap manjadi favorit warga Solo. Traveler harus trekking lebih dulu untuk mencapainya dari jalan besar.

2. Keraton Surakarta

(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Keraton Surakarta merupakan ikon wisata utama Solo. Walau sudah tak menganut sistem kerajaan, Keraton Surakarta masih menjadi lambang dari masa lalu Solo saat masih dipimpin oleh Pakubuwono.

Wisatawan dapat berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum, juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Ada kereta-kereta kencana yang dulu ditarik kuda dipamerkan di Keraton Surakarta.

3. Taman Balekambang

(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Taman Balekambang adalah salah satu oase di Kota Solo yang sangat nyaman untuk ngabuburit di bulan ramadhan. Di sana terdapat banyak fasilitas publik yang bisa dinikmati secara gratis.

Selain itu terdapat hewan liar yang jinak di dalam taman ini, seperti rusa liar, burung, angsa, dan hewan lainnya. Panggung terbuka (outdoor) dan gedung seni indoor yang diisi oleh budayawan/seniman lokal maupun luar Kota Solo.

4. Kampung Batik Laweyan

(Wahyu/detikcom)(Wahyu/detikcom)
Jalan-jalan di Solo kurang lengkap tanpa ke Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Untuk di Kampung Batik Laweyan misalnya, menempati lahan seluas kurang lebih 24 hektar yang terdiri dari 3 blok.

Berkeliling di sana bisa sambil jalan kaki maupun naik becak. Wisatawan bisa puas belanja batik di sana.

5. Pasar Klewer

 (Bayu Ardi Isnanto/detikcom) (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Pasar Klewer adalah pusat tekstil dan sandang terbesar di Kota Solo dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer. Mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri.

6. Pura Mangkunegaran
(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Selain Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaraan juga jadi satu destinasi wajib di Solo. Berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Pura Mangkunegaran menjadi salah satu bukti otentik akan sejarah dan budaya Solo.

7. Candi Cetho

 (Brigida Emi Lillia/d'Traveler) (Brigida Emi Lillia/d'Traveler)
Berada di ketinggian 1.496 meter dari permukaan laut, Candi Cetho memiliki ukuran panjang 190 m dan lebar 30 m. Berlokasi di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar, candi ini menjadi tujuan wisata yang indah dan sangat sejuk.

8. Candi Sukuh

(Rizky Pradahanan/d'Traveler)(Rizky Pradahanan/d'Traveler)
Candi Sukuh merupakan salah satu candi paling menarik di Asia Tenggara. Candi ini penuh dengan ornamen erotis. Yang tidak kalah unik, bangunannya mirip dengan piramida Suku Maya di Amerika Tengah.

9. Pasar Triwindu

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)
Pasar Triwindu jadi tujuan bagi traveler yang suka dengan barang-barang klasik. Bisa dibilang inilah surganya barang antik. Barang apa saja ada di pasar ini.

10. Museum Batik Danar Hadi

 (Wahyu/detikcom) (Wahyu/detikcom)
Museum Batik Danar Hadi adalah tempat yang tepat kalau traveler ingin belajar mengenai sejarah dan makna dari kain batik. Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No 261, Sriwedari, Solo.

11. Pandawa Water World

Apabila Jakarta dan Bali punya Waterboom, maka Solo punya Pandawa Water World yang berlokasi di Solo Baru. Ada 27 wahana permainan air yang bisa kamu coba di sini.

12. Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, Solo juga punya Air Terjun Jumog yang tak kalah indah. Lokasinya ada di bawah Gunung Lawu, tak jauh dari Candi Sukuh.

13. Pasar Ngarsopuro

(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Apabila kamu ingin wisata malam di Solo, maka Pasar Ngarsopuro adalah jawabannya. Berlokasi persis di depan Pura Mangkunegaran, pasar malam ini digelar secara rutin tiap malam saat weekend.

14. Kampung Batik Kauman

Disebut sebagai salah satu sisi lama Solo, Kampung Batik Kauman juga jadi opsi selain Laweyan untuk mencari batik. Lokasinya tak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta.

15. Museum Radya Pustaka

 (Bayu Ardi Isnanto/detikcom) (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Disebut sebagai museum tertua di Indonesia, Museum Radya Pustaka dapat ditemui tak jauh dari pusat budaya Taman Sriwedari. Di sini kamu bisa melihat aneka peninggalan benda kuno seperti arca batu dan lainnya.

16. Kebun Binatang Taru jurug

Walau dikenal sebagai kota batik, Solo juga punya Kebun Binatang Taru Jurug di Jebres. Bisa jadi opsi wisata bareng keluarga saat mudik.

17. De Tjolomadoe

 (Randy/detikcom) (Randy/detikcom)
Berlokasi tak jauh dari Bandara Adi Sumarmo Solo, traveler bisa singgah ke De Tjolomadoe. Dahulu merupakan bekas pabrik gula, kini De Tjolomadoe disulap jadi tempat wisata edukasi yang kekinian dan Instagramable.

18. Monumen Pers

Berada di pusat Kota Solo, tepatnya di Jalan Gajah Mada 59, berdiri Monumen Pers. Tempat ini menyimpan banyak koleksi koran lama dan benda pers dari zaman perjuangan kemerdekaan.

19. Pasar Gede

(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Mudik ke Solo, tak lengkap tanpa singgah ke Pasar Gede. Pasar yang satu ini dikenal sebagai tempat mencari oleh-oleh hingga kuliner khas Solo yang terkenal.

20. The Heritage Palace

Seperti De Tjolomadoe, Solo juga punya The Heritage Palace yang dahulu merupakan bekas pabrik gula di Kartasura. Pada tahun 2018, pengelola mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata.


(rdy/fay)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!