Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 09:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik ke Semarang, Ini Pilihan Tempat-tempat Wisatanya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Semarang - Kota Atlas jadi salah satu tujuan utama para pemudik dari Jakarta. Jika di sana, destinasi-destinasi ini wajib kunjungi.

Dihimpun detikcom, Selasa (28/5/2019), Semarang dan sekitarnya menyimpan banyak destinasi wisata. Cukup lengkap, mulai dari pantai hingga pegunungan, dari Kota Lama hingga wisata buatan yang terbaru.

1. Kawasan Tugu Muda

Kawasan ini bisa dibilang lengkap karena memiliki beberapa tempat wisata. Kamu yang baru pertama kali ke Semarang mesti datang ke sini, hitung-hitung sebagai tanda dan foto-fotolah di sekitarnya.

Lalu, kunjungilah Museum Mandala Bakti. Kamu akan diajak mengingat jejak perjuangan TNI AD. Lokasinya berseberangan langsung dengan monumen Tugu Muda lho.

Terakhir, kunjungilah Lawang Sewu yang jadi salah satu ikon Semarang. Dahulu, sekitar tujuh tahun yang lalu, kamu masih bisa menguji nyali di sini, namun dihentikan setelah diambil alih oleh PT KAI dan mengalami revitalisasi.



2. Kawasan Simpang 5 Semarang

Destinasi ini juga jangan sampai tertinggal oleh kamu yang mudik pertama kali ke sana. Bahkan, orang lokal pun tak akan melewatkan Simpang Lima jika pulang kampung.

Di Jalan Pahlawan Simpang Lima biasa dijadikan tempat kongkow anak-anak muda. Banyak yang berjualan takjil dadakan di jalan ini dan nongkrongnya anak muda sembari menunggu bedug berbuka.

Di Simpang Limanya kamu bisa bermain beberapa wahana seperti sepeda atau hias, sepatu roda hingga wahana lain yang cocok untuk keluarga. Kamu lapar, jajanlah Tahu Gimbal di PKL yang ada di depan Masjid Baiturrahman.

 (Nfadils/d'Traveler) (Nfadils/d'Traveler) Foto: undefined


BACA JUGA: 6 Spot Instagramable di Semarang yang Harus Dikunjungi


3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang semakin cantik dengan revitalisasi oleh pemerintah setempat. Pedestriannya semakin diperbagus, terutama yang ada di sekitar Gereja Blenduk.

Ada Taman Srigunting yang sering dijadikan lokasi untuk konser kecil-kecilan. Intinya, Kota Lama Semarang semakin bagus terutama untuk dijadikan latar foto.

 (widiarini/d'Traveler) (widiarini/d'Traveler) Foto: undefined

Tak hanya itu, perkembangan Kota Lama Semarang diikuti kafe-kafe kekinian yang instagramable. Ada pula destinasi yang patut dikunjungi, yakni Semarang Contemporary Art gallery hingga Old 3D Trick Art Museum Semarang.


4. Kawasan PRPP

Jika kamu lama di Semarang, kunjungilah PRPP (Pusat Rekreasi & Promosi Pembangunan) yang kini juga semakin cantik. Ada begitu banyak hiburan saat lebaran tiba dan jika datang siang kunjungilah kawasan mangrovenya yang instagramable, bernama Mangrove EduPark.

Masih mau berlanjut eksplor, kunjungilah beberapa pantai yang ada di Semarang utara ini. Lokasinya berdekatan dengan PRPP, yakni Pantai Maroon, Tirang, Marina hingga kawasan pelabuhannya.



5. Wisata Buatan di Semarang

Tak perlu bingung mau ngabuburit di Semarang, yakni di kawasan wisata buatan di Banjir Kanal Barat, Jalan Madukoro Raya, Krobokan. Di sini memang hanya pinggiran kali, namun ada beberapa spot atau tempat nongkrongnya.

Tunggulah sampai malam di dekat jembatan dekat Taman Madukoro Jalan Jenderal Sudirman. Ada Semarang Bridge Fountain, apa itu, yakni air mancur menari yang diresmikan awal tahun lalu dan beroperasi di hari Jumat dan Sabtu pukul 19.30-20.00 WIB dan 21.00-21.30 WIB.



6. Semarang dari Ketinggian Saat malam

Kota Semarang terbilang unik karena memiliki dua daerah berbeda, yakni Semarang Bawah dan Semarang Atas. Nah kamu bisa melihat Kota Semarang Bawah dari beberapa lokasi, yakni kawasan Gunung Pati hingga Tembalang.

Pertama jika ingin melihat Semarang saat malam adalah berkunjung ke gedung Star Hotel dan naiklah ke lantai paling atas yang juga memiliki infinity pool. Kedua, pergi ke kafe di daerah Gombel, Banyumanik yang juga dekat dengan Kampus Universitas Diponegoro Tembalang.



View this post on Instagram

#djitellodrone ayanaz gedong songo.

A post shared by angga baggins (@merykristiawan) on Apr 21, 2019 at 3:47am PDT



7. Kawasan Bandungan

Begitu banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di Bandungan, Kabupaten Semarang ini. Di sini ada pasar menjual berbagai buah dan sayuran segar karena berada di kaki Gunung Ungaran.

Tak sampai situ, Anda bisa mendirikan tenda di Basecamp Mawar atau menginap di villa milik Pondok Kopi Umbul Sidomukti yang juga memiliki berbagai wahana. Masih kuat, kunjungilah Ayanaz Gedongsongo hingga Bantir Hills yang pasti sedang hits di kawasan Semarang.

Semoga mudik kalian menyenangkan ya! (msl/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED