Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

15 Tempat Wisata di Palembang untuk Mudik Lebaran

Syanti Mustika
detikTravel
Alquran raksasa di Palembang (Darwance Law/dTraveler)
Alquran raksasa di Palembang (Darwance Law/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Palembang - Palembang di Sumatera Selatan menjadi salah satu tujuan mudik Lebaran. Inilah 15 tempat wisata di Palembang dan sekitarnya yang mesti kamu kunjungi.

Momen Lebaran sudah di ujung mata. Para perantau dari ragam daerah di Indonesia pun telah bersiap-siap mudik melepas rindu sekaligus menikmati momen Lebaran bersama keluarga.

Adapun salah satu tujuan mudik yang selalu ramai di Indonesia adalah Palembang, Sumatera Selatan. detikcom telah merangkum nih, Senin (26/5/2019) 15 destinasi yang bisa kamu kunjungi selama libur Lembaran du Sumatera Selatan. Catat ya!

1. Jembatan Ampera

 (Kurnia/detikTravel) (Kurnia/detikTravel)


Jembatan kebanggaan orang Palembang ini begitu ikonik. Nah libur Lebaran, ajak keluarga bersantai menikmati senja di kawasan Jembatan Ampera. Sekalian bersantai menikmati hilir Sungai Musi yang tenang. Senja di sini sangat cantik!


2. Kambang Iwak Family

Ingin berkunjung ke tempat yang indah nan eksotik bersama keluarga ataupun kekasih? Tidak masalah karena Anda bisa berkunjung ke Kambang Iwak Family yang terletak di danau yang berada di pusat kota. Rindangnya pepohonan memberikan kesejukan ketika di pagi hari. Sementara pemandangan di malam hari terlihat semakin berwarna dengan air mancur warna-warni yang begitu menggoda.


3. Masjid Cheng Ho

 (Raja Adil Siregar/detikcom) (Raja Adil Siregar/detikcom)

Arsitekturnya unik, campuran gaya Tiongkok dengan Melayu menjadikan masjid ini wajib kamu kunjungi di Palembang. Masjid ini dibangun dulunya untuk menjaga hubungan baik warga Palembang dengan warga Tionghoa.


4. Air Terjun Maung

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini maka langsung kunjungi area tersebut di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika sudah sampai ke lokasi air terjun ini, sepanjang perjalanan akan melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam. Anda harus hati-hati ya saat di tempat ini.

5. Pulau Kemaro

 (Afif Farhan/detikcom) (Afif Farhan/detikcom)


Tidak jauh dari Jembatan Ampera, di sini kamu bisa melihat bagaimana adat dan tradisi dari masyarakat Tionghoa berperan banyak dalam bangunan dan pulau ini. Banyaknya anak-anak muda yang berlibur bersama teman-teman serta sahabatnya saat berkunjung, menjadikan Pulau Kemaro ini cukup populer.

Pengunjung yang datang ke sini pasti mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar. Sudah pasti menjadikan Pulau Kemaro menjadi terkenal dan menjadi tempat kekinian di Kota Palembang.


6. The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark merupakan destinasi terbaru di Palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan. Bisa dikatakan wisata kekinian masyarakat Palembang. Waterpark yang belum lama dibuka ini terdapat berbagai jenis permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian wisatawan. Lokasi ini berada di Jalan Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

7. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang merupakan objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap layaknya The Amanzi waterpark. Namun di sini khusus bagi Anda yang tidak ingin membayar tiket terlalu mahal. Karena Fantasy Island Lembang menawarkan tiket yang murah dengan beragam permainan seru serta fasilitas yang tidak kalah dengan waterpark lainnya.

Kamu bisa menikmati permainan seperti kolam luncur, kolam arus, hingga sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air 50 cm saja yang sudah pasti aman.

8. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Satu-satunya wisata hutan di Palembang yang sedang hits dan kekinian yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yakni Hutan Punti Kayu. Hutan ini terkenal akan berbagai keindahannya dan luasnya yang kurang lebih 50 hektare.

Tempat hiburan yang disediakan di antaranya adalah jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda, dan fasilitas lainnya. Terletak di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, tempat wisata itu bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

9. Al Quran Al Akbar

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)


Di mana warga sekitar menyebut dengan Al Quran Raksasa karena ukurannya yang besar. Lokasinya berada di Jalan M Amin Fauzi, Gandus atau 2-3 kilometer dari Jembatan Musi II Palembang. Meskipun kondisi menuju lokasi harus melewati jalanan berlubang, tapi setiba di lokasi pasti akan berkesan.

Jadi, bukan tanpa alasan objek wisata ini disebut Alquran Raksasa. Sebab, Alquran itu dipahat dari pemukaan kayu tembesu yang panjangnya 177 centimeter dengan lebar 140 centimeter. Sedangkan untuk ketebalan sendiri sampai 2,5 centimeter.

10. Gelora Sriwijaya

Selain menjadi pusat olahraga, ternyata kawasan Jakabaring ini juga digunakan sebagai tempat berwisata, bahkan juga ada sebuah danau yang biasa menjadi lokasi bersantai para turis lokal loh.

11. Benteng Kuto Besak

 (Wahyu Setyo/detikcom) (Wahyu Setyo/detikcom)

Benteng yang bersuai ratusan tahun ini selalu ramai saat malam hari. Menjelang malam, lampu-lampu pun menghiasi benteng dan para pedagang mulai merapat ke kawasan benteng. Nikmati juga restoran terapung di sini dengan kuliner lezatnya.

12. Masjid Agung Sultan Mahmud Badarruddin


Selain megah, masjid ini punya arsitektur campuran dari tiga kebudayaan yaitu Indonesia, Eropa dan China. Masjid peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I dijadikan sebagai salah satu masjid nasional, serta cagar budaya di Palembang.

13. Gunung Dempo

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)


Kamu yang hobi mendaki bisa nih mendaki Gunung Dempo yang memiliki tinggi 3.159 mdpl. Dari atas kamu visa melihat pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan kebun teh, sawah menjadi penghias mata kamu.

14. Air Terjun Bidadari

Salah satu air terjun cantik di Sumatera Selatan adalah Air Terjun Bidadari. Lokasinya hanya 15 menit dari Kota Lahat. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter, dikelilingi pohon rindang. Lokasinya sangat teduh!

15. Kampung Arab

 (Tri Utami Amalia/d'Traveler) (Tri Utami Amalia/d'Traveler)


Kampung Arab Al Munawar ini berada di pusat Kota Palembang, lokasinya berada tepat di tepi Sungai Musi di Kelurahan 13 Ulu. Kampung kecil ini memiliki banyak rumah-rumah tua dan usianya mencapai 300 tahun.

Meskipun berusia 3 abad, rumah-rumah tua di Kampung Arab masih tetap berdiri kokoh. Ini karena rumah tua terbuat dari kayu dan batunya didatangkan langsung dari Eropa.

Tak hanya rumahnya saja, penduduk di Kampung Arab sendiri mayoritas dihuni oleh orang-orang keturunan Arab yang ramah. Bahkan wisatawan yang datang wajib mentaati aturan yang berlaku ya, termasuk soal pakaian, harus rapi dan sopan.


Itulah 15 destinasi yang bisa kamu kunjungi saat Lebaran di Sumatera Selatan. Selamat Lebaran!



(sym/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA