Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jun 2019 18:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Muhammad Cheng Ho Akan Dibangun di Bagansiapiapi

Chaidir Anwar Tanjung
detikTravel
Masjid Muhammad Cheng Ho (Istimewa)
Masjid Muhammad Cheng Ho (Istimewa)
Rokan Hilir - Kota Bagansiapiapi ibu kota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho. Pembangunan masjid ini sumbangan dari masyarakat muslim Tionghoa.

Pelatakan batu pertama pembangunan Masjid Cheng Ho ini dilaksanakan di kawasan pujasera di Kota Bagan oleh Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Bupati Rohil, Suyatno.

"Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini tentunya membanggakan masyarakat Rohil juga seluruh masyarakat Riau. Semoga ini membawa berkah kita semua," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Rabu (19/6/2019).

Peletakan batu pertama ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan tradisi bakar tongkang di Bagan. Dengan pembangunan masjid yang akan dibangun bergaya arsitektur khas China ini menjadi yang pertama di Riau.

"Kita ucapan terima kasih atas sumbangan pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho ini. Ini akan menjadi masjid pertama Cheng Ho di Riau," kata Syamsuar.


Sementara itu, Bupati Rohil, Suyatno menjelaskan, rencananya pembangunan Masjid Cheng Ho ini akan menelan dana sekitar Rp 8 miliar sampai Rp 10 miliar di atas lahan seluas 2 hektare.

Dalam pembangunan ini, kata Suyatno, Masjid Muhammad Cheng Ho akan dilengkapi menara setinggi 25 meter. Juga akan dilengkapi dengan taman pendidikan Alquran dan perpustakaan.

"Dana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan sumbangan dari warga Tionghoa asal Bagansiapiapi yang telah mualaf. Mereka saat ini berada di Jakarta. Ada sekitar 200 orang warga Tionghoa yang telah muslim," kata Suyatno. (cha/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA