Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jun 2019 18:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Perahu Wisata Bendungan Logung Kudus Ditutup, Pemilik Pasrah

Akrom Hazami
detikTravel
Warga di Bendungan Logung Kudus (Akrom Hazami/detikcom)
Warga di Bendungan Logung Kudus (Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akhirnya menutup operasional perahu wisata di Bendungan Logung. Pemilik hanya bisa pasrah dan siap mematuhi aturan.

Sebagaimana diketahui, semua perahu di Bendungan Logung dilarang beroperasi karena dianggap ilegal. Terlebih di minggu ketiga Juni, air di bendungan akan dikosongkan. Mengingat bendungan saat ini masih dalam masa uji coba.

Pemilik perahu di antaranya Rinto, mengaku hanya bisa pasrah dengan keputusan pemerintah. Sebab, dia bersama anggota pemilik perahu yang tergabung di Bregat Logung Jaya (BLJ), sadar jika semua butuh aturan.

"Kami pasrah. Bahkan manut saja dengan keputusan pemerintah," kata Rinto ditemui di dekat perahunya, Rabu (19/6/2019).

Dalam kesempatan itu Bupati Kudus M Tamzil dan jajaran terkait tengah melihat langsung lokasi dermaga perahu wisata di Bendungan Logung. Hal itu terkait dengan pemberian sosialisasi berhentinya perahu wisata.


Rinto mengakui, dia membeli perahu sekitar Rp 15 juta berikut mesin operasionalnya. Dia membeli perahu dari Karangjahe Rembang. Pria asli Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, ini mengoperasikan perahunya sejak akhir Ramadhan lalu.

"Memang saat Lebaran kemarin terutama Hari Raya Ketupat, pendapatan dari operasional perahu bisa sampai Rp 2 juta. Saat hari normal paling Rp 100 ribu," kata dia.

Perahu Wisata Bendungan Logung Kudus Ditutup, Pemilik PasrahFoto: (Akrom Hazami/detikcom)

Marsidi, pemilik perahu lain mengaku, dirinya bersama rekan paguyuban BLJ siap dibimbing pemkab untuk mengikuti aturan. "Kami hanya masyarakat biasa yang sehari-hari jadi petani. Kami hanya mengais rezeki. Bimbing kami. Aturan yang harus dipatuhi seperti apa akan kami patuhi," kata Marsidi di hadapan bupati.

Ali, pemilik perahu lain juga menyatakan hal serupa. "Ya kami ikuti saja aturannya kalau memang harus berhenti perahunya," kata Ali di atas perahunya.

Pantauan di lokasi, sekitar 22 perahu wisata di Bendungan Logung bersandar di tepi dermaga sederhana. Perahu berbahan kayu dan fiber terlihat telah dicat dengan warna menarik. Serta masing-masing dilengkapi rompi pelampung untuk keselamatan penumpang.

Perahu Wisata Bendungan Logung Kudus Ditutup, Pemilik PasrahFoto: (Akrom Hazami/detikcom)

Bupati Kudus M Tamzil mengatakan, pihaknya bersama pengusaha atau pemilik perahu telah sepakat bahwa perahu wisata di Bendungan Logung berhenti operasi. Bendungan harus kosong sementara ini.

"Selain bendungan harus dikosongkan airnya karena masih uji coba, pengusaha perahu juga akan diajak studi banding ke Bendungan Jatibarang Semarang," kata Tamzil di Logung. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED