Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jul 2019 16:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gravitron, Wahana Anti Gravitasi di Trans Studio Cibubur

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Wahana Gravitron di Trans Studio Cibubur (RIfkianto Nugroho/detikcom)
Wahana Gravitron di Trans Studio Cibubur (RIfkianto Nugroho/detikcom)
Depok - Trans Studio Cibubur punya wahana anti gravitasi. Kamu bisa menempel di dinding bagaikan Spider-Man. Canggih nih!

Trans Studio Cibubur Theme Park yang berada di kawasan Trans Park Cibubur, Jl Alternatif Cibubur, Kota Depok, mesti jadi tempat liburan kamu selanjutnya. Banyak wahana canggih, misalnya alat anti gravitasi yang namanya Gravitron.

detikcom mencoba Gravitron pekan lalu. Wahana Gravitron ada di kawasan Sci-Fi City, satu dari lima kawasan permainan di Trans Studio Cibubur. Letaknya ada di dalam Science Center. Wahana ini bentuknya seperti tabung raksasa dengan dinding agak miring sedikit.

Sebelum bermain, petugas akan memberi tahu soal beberapa larangan, karena ini adalah wahana yang memacu adrenalin. Yang sakit hipertensi, asma, jantung dan vertigo tidak boleh main. Kacamata, tas, ponsel, kamera dan aksesori yang mudah lepas harus dititipkan dulu.

Tabung raksasa wahana Gravitron (Bonauli/detikcom)
Sebelum permainan dimulai, kita diminta bersandar ke dinding dengan kedua tangan di samping badan. Mata kita diminta fokus ke pilar di tengah tabung. Permainan pun siap dimulai.

Tabung raksasa ini akan berputar bagaikan sebuah blender. Saat berputar dengan kecepatan tinggi, gravitasi pun mulai tidak berfungsi normal. Tubuh kita menempel lengket ke dinding. Lebih seru lagi, lantai tempat kita berdiri pun diturunkan, dan kita tidak jatuh. Wow!

Pengunjung kalau mau bisa merayap di dinding seperti Spider-Man. Selebihnya, menjerit seru ramai-ramai pasti rasanya asyik banget. Setelah diputar-putar selama 2 menit, lantai pun kembali naik dan Gravitron berhenti pelan-pelan.

Permainan Gravitron ini bisa ditonton pengunjung dari balkon lantai 2 Sci-Fi City. Penasaran kok bisa ya badan kita menempel di dinding dan tidak terkena gravitasi?

Pengunjung menonton wahana Gravitron (RIfkianto Nugroho/detikcom)
Rupanya ada hukum fisika pada permainan Gravitron. Yang terjadi adalah sebuah gaya sentripetal saat tabung berputar kencang, yang menyebabkan tubuh kita menempel lengket ke dinding dan kebal dari gravitasi. Ini adalah perpaduan kecepatan putaran, kemiringan tabung, dan berat badan kita. Seru juga, teori fisika diaplikasikan menjadi sebuah wahana yang memacu adrenalin.

Kamu bisa mencoba Gravitron kalau liburan ke Trans Studio Cibubur Theme Park. Tiket Trans Studio Cibubur bisa dibeli secara online di aplikasi detikcom. Caranya, masuk ke aplikasi detikcom, klik 'Kategori', lalu pilih 'Trans Studio Cibubur'.

Tiket Trans Studio Cibubur juga bisa dibeli secara online di transstudiocibubur.com. Untuk harga tiket Trans Studio Cibubur adalah Rp 400.000 saat weekend, hari libur atau libur sekolah. Sedangkan untuk hari biasa harga tiketnya Rp 300 ribu. (fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA