Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jul 2019 18:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seputar Planetarium Jakarta, Jadwal hingga Harga Tiket Masuk

Lusiana Mustinda
detikTravel
Planetarium Jakarta. Foto: REUTERS/Olivia Harris
Planetarium Jakarta. Foto: REUTERS/Olivia Harris
Jakarta - Daripada ke mal, kamu bisa ajak anak-anak untuk wisata edukasi. Tak perlu jauh-jauh, Jakarta punya wisata edukasi bernama Planetarium. Berikut seputar Planetarium yang perlu diketahui.

Planetarium berlokasi di kawasan Cikini tepatnya Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur dan Surabaya, Jawa Timur.

Berikut beberapa hal seputar Planetarium Jakarta yang perlu kamu ketahui:

1. Sejarah

Planetarium Jakarta dibangun pada tahun 1964 oleh Presiden Soekarno yang juga menjadi pencetus ide untuk pembangunan Planetarium. Di tahun 1969, tempat ini diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kini, di usia yang menjelang 47 tahun, keberadaan Planetarium dan Observatorium selain sebagai media informasi ke-Astronomian juga terlibat aktif dalam dunia pendidikan.


2. Pertunjukkan Teater Bintang

Di sini ada beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi pengunjung, terutama anak-anak. Pertunjukkan Teater Bintang, Observatorium, dan Ruang Pameran (Exhibition Hall).

Pertunjukkan Teater Bintang dilakukan selama 60 menit. Isinya adalah pertunjukkan berjudul 'Tata Surya'. Pengunjung akan dapat mengenal Matahari, Bulan, Bintang, dan Planet-planet Tata Surya dan perkembangan pemahaman manusia tentang alam semesta.

3. Observatorium

Selanjutnya di Planetarium ada Observatorium yang dilengkapi dengan teleskop Coude, jenis refraktor berdiameter 15 cm (memakai lensa). Selain teleskop, ada juga 10 portable telescop mobile yang bisa digunakan sesuai kebutuhan sehingga dimanapun lokasinya kamu bisa melakukan pengamatan dengan alat ini.

Observatorium juga jadi sarana pembelajaran seperti untuk kegiatan penyuluhan ke sekolah, Hisab Rukyat, Pembinaan Astronomi Amatir hingga peliputan fenomena Astronomi.

4. Ruang Pameran (Exhibition Hall)

Ruang Pameran di Planetarium ini juga memiliki ruang pertunjukkan simulasi langit yang dikenal sebagai Teater Bintang. Di sini ada beraneka peraga yang disajikan termasuk diorama dan teater kecil untuk menampilkan film Astronomi guna memberikan wawasan ilmu pengetahuan mengenai benda-benda langit.

5. Tiket dan Jadwal Buka

Sebelum datang, pastikan kamu sudah tahu jadwal dan jam bukanya yah. Jadwal buka pada Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu yaitu pukul 08.00-15.00 WIB.

Hari Senin libur untuk pemeliharaan barang dan maintenance. Namun kegiatan kantor tetap buka dan melayani berbagai informasi. Untuk teater bintang, rombongan harus reservasi terlebih dulu. Sedangkan perorangan bisa mengantre di loket.

Tiket untuk Rombongan

Siswa dan Mahasiswa : Rp 5.000/orang
Non Pelajar dan Umum : Rp 10.000/ orang

Untuk rombongan minimal harus 100 orang. Jika kurang dari jumlah tersebut, pengunjung tetap dikenakan biaya sejumlah 100 orang.

Tiket Perorangan

Anak-anak: Rp 7.000/orang (2 tahun hingga usia SD)
Dewasa: Rp 12.000/orang (tingkat SMP hingga dewasa)

Tiket perorangan dapat dibeli secara langsung di loket. Namun, 1 Orang hanya dapat membeli maksimal 4 tiket.

Tertarik datang ke Planetarium?




Simak Video "Yuk Meneropong Langsung Planet Jupiter di Planetarium!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA