Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Agu 2019 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akhir Pekan di Garut, Ada Wisata Petik Jeruk

Hakim Ghani
detikTravel
Kebun Jeruk Cikajang (Hakim Ghani/detikcom)
Kebun Jeruk Cikajang (Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Ada wisata baru untuk menghabiskan akhir pekan di wilayah Kabupaten Garut. Di tempat ini, pelancong bisa makan, hingga memetik jeruk langsung dari pohonnya.

Kabupaten Garut dikenal salah satu surga wisata bagi wisatawan. Pasalnya, Garut punya beragam jenis tempat wisata alam. Daro mulai gunung hingga beragam pantai indahnya.

Ada beberapa tempat wisata ternama yang kerap dikunjungi wisatawan yang berlibur di Garut, seperti kawasan pemandian air panas Cipanas, Darajat, Pantai Santolo dan Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan.

Jika bosan dengan tempat wisata tersebut, traveller bisa berlibur di sebuah kawasan wisata baru bernama Kebun Jeruk Cikajang.

Lokasinya terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. 30 kilometer arah selatan dari pusat perkotaan Garut.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/08/10/320c27b0-cc4b-4a74-8b41-0d8baf755a04.jpeg?a=1
(Hakim Ghani/detikcom)

Keunggulan tempat wisata ini yaitu, di tempat ini traveller bisa makan jeruk sepuasnya. Selain itu, traveller juga bisa memetik sendiri jeruk Garut yang memiliki rasa yang khas langsung dari pohonnya.

Di tempat tersebut, traveller bisa ngadem sambil menikmati pemandangan indah khas perkampungan Garut yang terkenal dengan suhu dingin dan pemandangan yang indahnya.

"Mulai 2019, kebun kami ini dibuka untuk umum. Sekarang jadi tempat wisata, kalau dulu hanya kebun biasa," ujar Uus Kusnawan (58), pemilik kebun jeruk.

Uus mengatakan, kebun ini terbentuk dari ketidaksengajaan. Bermula dari anjloknya harga jeruk Garut di pasaran yang hanya dihargai Rp 5 ribu perkilogram oleh bandar. Petani yang enggan merugi kemudian berinovasi dengan menyulap kebun miliknya menjadi tempat wisata.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/08/10/4c76f2eb-f9f1-4482-a94e-b0d9d4b8a198.jpeg?a=1
(Hakim Ghani/detikcom)

Alhasil, para petani jeruk pun kini merasakan keuntungan. Sejak dibuka pertengahan 2019, wisata kebun jeruk milik Uus tiap hari kian ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota seperti Bandung hingga Jakarta.

Setiap wisatawan yang mampir ke tempat ini dikenakan biaya Rp 15 ribu per orang. Dengan tiket seharga tersebut, wisatawan dapat makan jeruk sepuasnya di tempat.

"Wisatawan juga bisa bekal jeruk sebagai oleh-oleh, harganya Rp 15 ribu per kilogram. Perlu diketahui jeruk Garut ini rasanya beda dari yang lain. Apalagi jeruk Garut kualitas super," ucap Uus.

Wisata Kebun Jeruk Cikajang ini bisa jadi referensi bagi traveler yang hendak menghabiskan libur akhir pekan. Tempat ini bisa jadi pilihan karena dekat dengan kawasan wisata pantai selatan dan Gunung Papandayan.

Simak Video "Rahasia Kriuk dan Renyah Tahu Sumedang "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA