Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Agu 2019 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Pesona Kalimantan Timur, Pilihan Jokowi untuk Ibu Kota Baru

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Melati Raya Sihotang/dTraveler)
Foto: (Melati Raya Sihotang/d'Traveler)
Kutai - Ibu kota negeri tercinta telah diputuskan akan pindah ke Kalimantan Timur. Di sana terdapat banyak destinasi wisata yang menarik lho.

Kalimantan Timur terpilih menjadi lokasi calon ibu kota baru Indonesia. Walaupun belum ada lokasi yang spesifik, provinsi ini bertaburan destinasi wisata menarik.

Dirangkum detikcom, Kamis (22/8/2019), berikut destinasi wisata yang dimiliki Kalimantan Timur, calon ibu kota RI nantinya:

1. Sungai Mahakam

10 Pesona Kalimantan Timur, Pilihan Jokowi untuk Ibukota BaruFoto: undefined

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan timur yang mengalir sepanjang 920 km. Kamu bisa lho berwisata menelusuri kawasan sungai ini. Bila beruntung, kamu akan menemukan lumba-lumba air tawar atau pesut.

Setiap Sabtu, Minggu, dan libur nasional, selalu diadakan open trip reguler bagi pengunjung yang ingin melihat sisi lain Kota Samarinda dari Sungai Mahakam. Ada tiga kapal yang melayani wisata susur sungai, yaitu kapal wisata Pesut Bentong, Pesut Mahakam, dan Pesut Etam.

Ketiga kapal diberi nama pesut, yang merupakan sejenis lumba-lumba air tawar endemik Sungai Mahakam yang hampir punah. Jalur yang dilewati kapal wisata di antaranya dua jembatan megah yang membelah Sungai Mahakam.

2. Pulau Kumala Tenggarong

Pulau Kemala berada di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara. Pulau ini berada di Sungai Mahakam, dan tentu saja kamu harus menggunakan kapal bila ingin ke sini.

Pulau dengan luas sekitar 76 hektare ini memiliki beragam spot yang instagramable. Biasanya yang datang ke sini adalah para pencinta foto. Di sini kamu juga bisa berkeliling pulau dengan menyewa sepeda.

3. Batu Dinding Semboja

Para petualang yang berlibur ke Kalimantan Timur boleh mencoba hiking menuju Batu Dinding Samboja. Batu setinggi 125 meter yang terbentang sepanjang 150 meter ini berada di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari puncak batu ini, kamu bisa melihat bentangan pemandangan hijau. Tentu saja lokasi ini juga instagramable. Dari sini kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang syahdu lho.

4. Taman Nasional Kutai

 (Edelweiss Blogger/d'Traveler) (Edelweiss Blogger/d'Traveler)


Ingin melihat satwa dan alam Kalimantan Timur lebih intim, kamu bisa berkunjung saja ke Taman Nasional Kutai, yang terbentang di Kutai Timur dan Bontang.

Taman Nasional Kutai sangat kaya akan keberagaman ekosistem. Kamu bisa menemukan ribuan flora, 220 jenis burung dengan 80 persen adalah burung Borneo. Di sinilah rumah bagi 11 dari 13 primata Borneo, termasuk orang utan.

5. Desa Mancong

Desa Mancong berada di Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat. Di desa ini, kamu bisa melihat seperti apa kehidupan suku Dayak.

Di desa ini terdapat Rumah Lamin Mancong, sebuah rumah panjang terbuat dari kayu khas suku Dayak Benuaq seluas 1.000 meter persegi. Di luar rumah terdapat beberapa patung dengan ukuran khas suku Dayak. Ada yang berupa patung laki-laki dengan anjing, perempuan, maupun bentuk lainnya yang terlihat semi-abstrak.

6. Pulau Derawan

Diving di Derawan (Thinkstock)Diving di Derawan (Thinkstock)


Keindahan Pulau Derawan tidak diragukan lagi. Tempat ini sangat populer karena keindahan pantai dan bawah lautnya. Pantai dengan pasir putih dan jernihnya air laut membuat siapa pun ingin datang ke sini.

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan, seperti snorkeling, diving, surving, atau juga bisa kamu bersantai di pinggir pantai menikmati sunrise ataupun sunset.

7. Danau Labuan Cermin

10 Pesona Kalimantan Timur, Pilihan Jokowi untuk Ibukota BaruFoto: undefined

Bukan hanya pantai nan indah, Kalimantan Timur juga punya danau cantik bernama Danau Labuan Cermin. Danau ini berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau.

Danau Labuan Cermin punya keunikan rasa air. Di permukaannya tawar, namun air di bagian dalam terasa asin. Karena itulah danau ini dikenal juga dengan nama Danau Dua Rasa.

Menikmati keindahan danau, kamu bisa menyewa kapal untuk berkeliling. Jangan lewatkan untuk berenang di air danau yang superjernih ini. Bening seperti kaca!

8. Pulau Maratua

 (Titry Frilyani/d'Traveler) (Titry Frilyani/d'Traveler)


Masih berada di daerah Kabupaten Berau, berkunjunglah ke Pulau Maratua. Maratua juga dikenal karena memancarkan aura eksotisme lewat perpaduan pasir putih dan air lautnya yang biru.

Keelokan alam bawah lautnya yang luar biasa dan kemurnian alamnya semakin membuat Maratua dicintai oleh wisatawan. Pantai pasir putih dan ragam makhluk laut dan terumbu karang membuat pulau ini mendapat julukan 'Maldivesnya Indonesia'.

Banyak spot diving yang bisa kamu temukan di Pulau Maratua, di antaranya Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel Spot.

9. Gua Haji Mangku
View this post on Instagram

The Cave of Haji Mangku which has been renamed since two years ago became the Cave of Halo Tabung is located on the maratua island, regency of berau, east Kalimantan. To enter this brackish watery cave, there are two ways, namely jumping directly from the top of the cave or entering from the mouth of the cave, half of which is covered with water. The best time to visit Gua Haji Mangku is in the afternoon, because at that time the sunlight will enter shining on the cave and even penetrating to the inside of the cave. The appearance of the water will also look more blue when it comes to the afternoon when the sun is almost drowning. #maratua #maratuaisland #guahajimangku #guahalotabung #holiday #_sss #_seaskysun

A post shared by @ _seaskysun on Jul 5, 2019 at 7:44am PDT




Gua ini berada di Pulau Maratua, tak jauh dari bibir pantai pulau. Di sini kamu bisa melihat gua dengan kolam alami sedalam 15 meter. Aliran air di dalam gua ini berasal dari air laut.

10. Danau Kakaban
 (Jonathan Bayu/d'Traveler) (Jonathan Bayu/d'Traveler) Foto: undefined



Buat kamu yang ingin berenang bersama ubur-ubur tanpa takut tersengat, kunjungi saja Danau Kakaban, yang berada sekitar 40 menit dari Pulau Derawan. Perlu kamu ketahui, danau dengan ubur-ubur ini hanya ada dua di dunia, satunya ada di Jellyfish Lake di Pulau Mikronesia.

Simak Video "KPK Amankan 8 Orang Terkait OTT di Kaltim"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA