Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Sep 2019 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jawa: Pulau Paling Padat Penduduknya di Dunia

Afif Farhan
detikTravel
Kemacetan di Jakarta, bukti padatnya Pulau Jawa (Agung Pambudhy/detikcom)
Kemacetan di Jakarta, bukti padatnya Pulau Jawa (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Indonesia punya belasan ribu pulau. Satu pulau yang mencuri perhatian dunia adalah Jawa, sebab disebut sebagai pulau paling padat di dunia.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Rabu (11/9/2019) terdapat 3 pulau yang paling padat penduduknya. Posisi pertama ditempat Pulau Jawa di Indonesia, kedua Pulau Honshu di Jepang dan ketiga Britania Raya di Inggris.

Menariknya, ketiga pulau-pulau tersebut juga sebagai pusat ibukota negara. Jakarta di Pulau Jawa, Tokyo di Pulau Honshu dan London di Great Britain.

Namun di Britania Raya, juga ada ibukota negara lain tapi turut masuk dalam kerajaan Inggris seperti Edinburgh ibukota negara Skotlandia dan Cardiff ibukota negara Wales.

BACA JUGA: Pulau Cantik yang Tak jauh dari Jakarta

Situs World Atlas menyebut, Jawa adalah pulau terpadat di Bumi dengan 141 juta penduduk. Bahkan, 56 persen penduduk Indonesia menetap di Pulau Jawa.

Pulau Jawa masuk urutan pulau terbesar kelima di Indonesia dan menepati urutan ke-13 sebagai pulau terbesar di dunia. Bahkan disebut-sebut, Pulau Jawa mewakili 1 persen penduduk di dunia.

Jakarta, kota paling padat penduduknya di Pulau Jawa (Rifkianto Nugroho/detikcom)Jakarta, kota paling padat penduduknya di Pulau Jawa (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Sedangkan Pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang. Dihuni 100 juta penduduk, 25 persennya tinggal di Tokyo.

Kita tahu bahwa Tokyo merupakan ibukota negara Jepang. Namun tahukah kamu, sebelum Tokyo sudah ada beberapa kota yang menyandang status tersebut. Sebut saja Kamakura, Nara dan Kyoto yang mana kota-kota itu juga berada di Pulau Honshu.

Tokyo (iStock)Tokyo (iStock)


BACA JUGA: Menguak Tempat Terpencil di Bumi: Pulau Kekecewaan

Sedangkan Britania Raya merupakan pulau di Eropa. Inilah pulaunya kerajaan Inggris yang mana terpisah dari daratan utama Eropa.

Pulau Britania Raya dihuni 65 juta orang. Perkotaan yang paling banyak penduduknya seperti Liverpool, Glasgow, London, Nottingham dan Manchester.

(Fitraya Ramadhanny/detikcom)(Fitraya Ramadhanny/detikcom)


Simak Video "Pagi Ini Jakarta Kota Kedua Terpolusi Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA