Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Sep 2019 08:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jembatan Barelang, Warisan Mendiang BJ Habibie di Batam

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Jembatan Barelang di Batam (Afif Farhan/detikTravel)
Jembatan Barelang di Batam (Afif Farhan/detikTravel)
Batam - Mendiang Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie, meninggalkan banyak warisan semasa hidupnya. Salah satunya adalah Jembatan Barelang di Batam.

Kepintaran mendiang almarhum BJ habibie yang baru berpulang kemarin tak hanya dikagumi, tapi juga mewujud dalam karya nyata. Traveler yang liburan ke Batam pun bisa mendapati salah satu karyanya yang ikonik, yakni Jembatan Barelang.

Mulai dibangun dari tahun 1992 hingga 1998, Jembatan Barelang menjadi pilot project yang diprakarsai ratusan insinyur Indonesia. Proses pembangunannya memakan waktu enam tahun.

Selaku pemrakarsa, BJ Habibie sama sekali tak mempekerjakan tenaga ahli asing saat itu. Tentunya hal itu menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Secara makna, Jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang. Nama itu merupakan tiga dari nama enam pulau yang disambungkan oleh Jembatan Barelang, termasuk Pulau Tonton, Pulau Nipah dan Pulau Galang Baru di Kepulauan Riau.

Jembatan Barelang, Warisan Mendiang BJ Habibie di BatamWisatawan yang berfoto di Jembatan Barelang (Wahyu Setyo/detikcom)
Jembatan Barelang sendiri terdiri dari enam jembatan dengan nama berbeda. Diketahui, satu yang terbesar dan terpanjang adalah Jembatan Tengku Fisabilillah atau yang dikenal juga sebagai Jembatan I.

Kini, nama Jembatan Barelang pun populer sebagai ikon wisata di Batam. detikcom pun pernah mengunjunginya beberapa waktu lalu. Namanya memang cukup populer di kalangan wisatawan.

Melihat dari figurnya, tak sedikit juga yang menyebut Jembatan Barelang sebagai Golden Gate-nya Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran kalau banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berfoto dengan Jembatan Barelang sebagai latar belakangnya.

Jembatan Barelang di malam hariJembatan Barelang di malam hari (Johanes Randy/detikcom)
Tak hanya saat terang, Jembatan Barelang pun cantik untuk diabadikan di malam hari. Hadirnya kelap-kelip lampu jalan di malam hari pun dijamin akan membuat syahdu suasana.

Jika lapar, traveler juga bisa jajan jagung bakar hingga aneka panganan dan minuman yang dijajakan oleh para penjual di sekitar jembatan.

Itulah sedikit cerita tentang Jembatan Barelang sebagai peninggalan mendiang BJ Habibie. Buat kamu yang mau berfoto di sini, harus hati-hati dan tetap mawas diri ya.

Simak Video "Mie Lendir, Batam, Kepulauan Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA