Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Okt 2019 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Gunung Raung yang Terbakar & Pendaki Sampai Terjebak

Afif Farhan
detikTravel
Pendakian Gunung Raung (Avicenna M./dTraveler)
Pendakian Gunung Raung (Avicenna M./d'Traveler)
Banyuwangi - Gunung Raung di Jawa Timur kebakaran dan beberapa pendaki terjebak sampai akhirnya dievakuasi. Gunung Raung sejatinya merupakan destinasi favorit pendaki.

Jalur pendakian Gunung Raung di wilayah Kalibaru Banyuwangi terbakar kemarin, Jumat (4/10/). Wilayah yang terbakar di sekitar pos 7 hingga 9.

13 Pendaki pun sempat terjebak di sana. Ke-13 orang tersebut terdiri dari 2 porter, 2 guide, 2 WNI, 7 WNA Singapura. Beruntung, kabar terakhir mereka semua sudah bisa dievakuasi.

BACA JUGA: Tujuh Pendaki Singapura yang Terjebak Kebakaran Gunung Raung Dievakuasi

Gunung Raung terbakarGunung Raung terbakar (Ardian Fanani/detikcom)


Mengenal profil Gunung Raung lebih dekat, Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 mdpl dan berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Gunung ini pun masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia.

Akses menuju puncak Gunung Raung bisa melewati Kalibaru Banyuwangi atau via Bondowoso. Jalur menuju puncak Raung lewat Bondowoso di Kecamatan Sumber Wringin memiliki medan yang cukup ringan bila dibandingkan dengan lewat Banyuwangi.

Asal tahu saja, pendakian Gunung Raung sangat menantang dikarenakan medannya yang sulit. Tiket masuk pendakian bisa didapatkan di basecamp dengan harga Rp 20 ribu per orang. Letak basecamp dengan jalur pendakian, ternyata masih berkisar 2,5 km sehingga fisik harus kuat.

Pendakian di Gunung RaungPendakian di Gunung Raung (Avicenna M./d'Traveler)


Terdapat beberapa pos yang dilalui saat pendakian Gunung Raung ini di antaranya Pos Motor, Pos Aborsi, Pos Sumur, Pos Demit, Pos Mayit, Pos Angin, Pos Deden, dan yang terakhir puncak.

Pos sumur menuju Pos Demit membutuhkan waktu 3-4 jam dengan medan jalanan setapak menanjak sudut kemiringan 50-70 derajat. Pos Demit menuju Pos Mayit membutuhkan waktu 30 menit dengan jalanan setapak menanjak sudut kemiringan 20-30 derajat. Pos Demit menuju Pos Angin membutuhkan waktu 2-3 jam.

Lelah terbayar setelah melihat pemandangan di Puncak Gunung Raung. Puncak Gunung Raung memiliki kaldera yang disebut terbesar se-Pulau Jawa. Lekukan indah relief-relief batu mengelilingi kaldera Gunung Raung.

Mengenal Gunung Raung yang Terbakar & Pendaki Sampai TerjebakKaldera di Gunung Raung (Sunarto Heri K/d'Traveler)


BACA JUGA: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Cocok untuk Pendaki

Sayangnya, terdapat batas waktu saat di puncak yaitu pada jam 10.00 WIB semua pendaki harus sudah turun dari puncak. Aturan ini dibuat karena pada saat pukul 10.00 WIB ke atas cuaca sering tidak stabil, terkadang juga terjadi badai.

Cuaca mudah berubah-ubah di Gunung Raung, oleh sebab itu pendaki disarankan membawa mantel dan penghangat. Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya karena pendakian Gunung Raung via Bondowoso ini tidak terdapat sumber mata air. Fisik dan stamina juga harus fit.

Terkait kebakaran, hingga kini pihak terkait masih berusaha memadamkan api. Kemungkinan, pendakian Gunung Raung ditutup sementara waktu.

Simak Video "Sensasi Mencapai ''Puncak Sejati'' Gunung Raung di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA