Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 08:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Habitat 'Naga Purba' Selain di Pulau Komodo & Rinca

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Komodo di Pulau Komodo (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Komodo di Pulau Komodo (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Pulau Komodo diwacanakan bertarif masuk Rp 14 juta. Nah, habitat naga purba itu sendiri sebenarnya tersebar di beberapa pulau lain di sekitar lokasi tersebut.

Di mana saja? Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE menjelaskan persebaran komodo dengan gamblang melalui akun media sosial resminya seperti dilihat detikcom, Rabu (9/10/2019).

Mari kita hitung jumlah komodo di Pulau Komodo. Dari infografis terlihat sejumlah 1.727 ekor ada di sana, sedang di Pulau Rinca ada sejumlah 1.049 ekor.

Ketiga pulau lainnya lagi yakni di Padar, Gili Motang, dan Nusa Kode. Ya, Pulau Padar yang amat terkenal di Instagram itu juga didiami oleh komodo.

Untuk Pulau Padar ada sejumlah enam ekor komodo. Lalu di Gili Motang ada sejumlah 58 ekor dan Nusa Kode didiami 57 ekor komodo.







Untuk diketahui bahwa data di atas berdasar pada pengamatan tahun 2018 lalu. Juga, ada dua pulau yang dilarang dikunjungi yakni Gili Motang dan Nusa Kode.




Wacana Pulau Komodo menjadi wisata eksklusif itu muncul setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tempat itu takkan ditutup. Tapi, pulau itu bakal dikelola jadi wisata eksklusif.

Dengan konsep eksklusif nantinya harga tiket masuk ke Pulau Komodo seharga Rp 14 juta per orang dalam bentuk membership tahunan yang bersifat premium. Sehingga hanya orang-orang khusus saja yang bisa berkunjung ke sana.

Untuk membership premium akan diarahkan ke Pulau Komodo langsung di mana komodo-komodo besar ada di sana. Sedangkan yang tidak memiliki kartu premium akan diarahkan ke lokasi lain yang ada hewan Komodo juga.




Simak Video "Dear Pelancong, Taman Nasional Komodo Akan Tutup Setahun"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA