Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 23:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Keajaiban Toraja Utara: Negeri di Atas Awan & Menhir Ratusan Tahun

Negeri di atas awan Toraja Utara (dok. Istimewa)
Negeri di atas awan Toraja Utara (dok. Istimewa)
Toraja Utara - Selain Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara juga menyimpan destinasi alam yang indah. Salah satunya gugusan batu Menhir bersejarah dan negeri di atas awan.

Gugusan batu menhir berada di Desa Bori' Kalimbuang, Toraja Utara. Di lokasi ini ada 102 barisan batu menhir yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Batu ini dibuat oleh leluhur masyarakat Toraja sebagai bentuk pemujaan terhadap leluhur.


Wisatawan juga dapat menyaksikan rumah adat Toraja atau Tongkonan yang berada di sekitar barisan menhir. Salah satu rumah tongkonan bahkan usianya sudah ratusan tahun dan terdapat ribuan tanduk kerbau di atasnya.

Selain dikelilingi rumah Tongkonan, di sekitar menhir juga terdapat makam khusus jenazah bayi atau dikenal dengan baby graves. Uniknya, makam bayi masyarakat Toraja ini terdapat di batang pohon Tarra yang ditutupi dengan ijuk.

Keajaiban Toraja Utara: Negeri di Atas Awan & Menhir Ratusan TahunMenhir berusia ratusan tahun (dok. Istimewa)


Masyarakat Toraja percaya, bahwa getah pohon Tarra yang berlimpah dapat menggantikan air susu ibu dari bayi yang meninggal. Untuk itu bayi yang meninggal dimakamkan di dalam pohon Tarra dan ditutup ijuk.

Tak jauh dari gugusan batu menhir di Desa Bori' Kalimbuang terdapat Bukit To'tombi. Menuju puncak bukit yang dikenal dengan Puncak Lolai, Wisatawan akan disuguhkan hamparan awan yang berada di bawah puncak bukit.



Masyarakat menyebutnya dengan negeri di atas awan. Pemandangannya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Sudah pasti indah! Bagaimana, tertarik berkunjung ke Toraja Utara?

Keajaiban Toraja Utara: Negeri di Atas Awan & Menhir Ratusan TahunNegeri di atas Awan Toraja Utara (dok. Istimewa)


Simak Video "Pesona Wisata Dekat Ibu Kota, Negeri di Atas Awan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA