Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Okt 2019 13:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Akan Diaspal Jokowi, Seperti Apa Kondisi Jalan ke Arfak?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Melewati jembatan kayu di Pegunungan Arfak (Masaul/detikTravel)
Melewati jembatan kayu di Pegunungan Arfak (Masaul/detikTravel)
Manokwari - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengaspal jalan penghubung antara Kota Manokwari dengan Kabupaten Pegunungan Arfak. Kondisi jalanan di sana cuma memungkinkan mobil 4X4 yang bisa lewat saat ini.

Dalam catatan detikcom yang juga pernah menyambangi lokasi kunjungan Presiden Jokowi melalui jalur darat, kondisi jalanan di sana memang jauh dari ideal. Bahkan selama perjalanan 5 jam hingga ke Anggi, pusat Kabupaten Pegunungan Arfak, bisa dibilang jalanan tak pernah mulus .

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," kata Jokowi, Minggu (27/10).

Akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, menurut Jokowi, akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang, terutama produk-produk pertanian. Imbas lainnya juga bisa mendongkrak pariwisata agar berkembang dengan lebih pesat.

Akan Diaspal Jokowi, Begini Kondisi Jalan ke ArfakLanskap di Pegunungan Arfak (Masaul/detikTravel)

"Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu," paparnya.

Titik-titik mana yang harus diwaspadai sopir maupun penumpang di Jalan Manokwari-Anggi?

Ada beberapa sungai yang berbahaya jika musim hujan datang karena belum ada jembatan. Adalah Jingga, Wariori, dan Gemong adalah sungai yang ganas karena belum ada jembatannya. Sedang trek pertama yang paling berbahaya yakni di KM 5 sampai KM 18 karena terdapat jurang terjal dan rusak jalannya. Trek kedua ada di wilayah Apui dan ketiga ada di Jalur Gunung maut.

Akan Diaspal Jokowi, Begini Kondisi Jalan ke ArfakSebagian jalan masih berbatu (Masaul/detikTravel)

"Kalau untuk titik rawan ada di Manser, Kampung Sakumi, Kampung Nenei, dan Gunung Merek. Titik rawan ini bisa berupa terdapat orang yang masih suka memalak pendatang dengan menggunakan senjata tajam," ucap Shahrul (42), salah satu sopir mobil 4x4.

Untuk diketahui, biaya menyewa mobil angkutan 4X4 dari Manokwari-Anggi sebesar Rp 1,5 juta per hari PP dan ditambah turun di beberapa tempat. Kalau biaya sewa perorangan dari pangkalan hanya berkisar Rp 170 ribu-an sekali jalan -- biaya akhir 2018. Biaya itu relatif sebanding dengan kecantikan di Pegunungan Arfak.




Simak Video "Manokwari Berangsur Kondusif, Aktivitas Warga Kembali Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA