Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Nov 2019 06:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Wisata di Malang, Cocok Banget buat Berakhir Pekan

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Foto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Foto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Malang -
Malang terkenal sebagai kota yang menawarkan berbagai objek wisata dan rekreasi. Berikut beberapa tempat wisata di Malang yang bisa menjadi inspirasimu menikmati akhir pekan di sana.

1. Masjid Tiban Malang

Malang juga memiliki salah satu objek wisata religi yang unik yaitu Masjid Tiban atau juga disebut sebagai Masjid 1000 pintu. Masjid bernuansa biru dan putih dengan berbagai kaligrafi ini yang punya 10 lantai. Masjid ini juga difungsikan sebagai Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaaiir Rahmah.

Ada kisah yang beredar bahwa masjid ini dibangun oleh jin dalam semalam. Namun rumor itu tidak benar karena pembangunan masjid ini dilakukan secara terbuka oleh santri dan jemaah di sekitar pondok pesantren. Pembangunan itu dipimpin Romo Kiai Haji Ahmad Baru dan memakan waktu hingga 10 tahun.

Bila kamu ingin melihat langsung kemegahan masjid ini, kamu bisa mengunjungi Masjid Tiban yang terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

5 Tempat Wisata Akhir Pekan di MalangFoto: Ria Rahmawati/d'travelers


2. Kampung Heritage Kajoetangan

Selain punya kampung warna-warni, Kota Malang juga punya kampung wisata bersejarah lho! Di kampung ini, masih berdiri kokoh rumah-rumah dari zaman dulu. Baik desain maupun perabotan rumah di sana masih asli dari tempo dulu.

Kampung yang mencakup 4 RW ini letaknya tak jauh dari alun-alun kota Malang, tepatnya di daerah Kayutangan. Di sini ada 24 rumah yang bisa dikunjungi wisatawan dan pastinya instagramable. Uniknya lagi, setiap rumah ini punya tema tertentu yang mencerminkan profesi dari para pemiliknya.

Salah satu contohnya adalah Rumah Jamu milik Bu Esther. Sama seperti namanya, Bu Esther menjual berbagai jenis jamu di rumahnya. Rumah ini merupakan peninggalan dari ayahnya yang berprofesi sebagai sinshei. Anak dari Bu Esther yaitu Pak Seno juga dikenal sebagai tukang urut.

Rumah lainnya yang wajib kamu datangi adalah Rumah Nya' Abbas Akup. Rumah yang sudah berdiri sejak 1930 ini merupakan rumah milik sutradara senior Indonesia, Nya' Abbas Akup. Beliau terkenal sebagai Bapak Film Komedi karena telah menelurkan karya terkenal seperti Bing Slamet Koboi Cengeng dan Inem Pelayan Sexy. Di dalam rumah ini, kamu juga bisa menemukan foto-foto beliau dan berbagai lukisan tiga dimensi karya adik Nya' Abbas Akup.

Kalau kamu main ke Kampung Heritage, akan ada pemandu yang siap mengantarmu berkeliling dan memberikan informasi mengenai profil setiap rumah. Pastikan juga kamu bertingkah laku sopan dan jangan lupa minta izin sebelum masuk ke setiap rumah.

5 Tempat Wisata Akhir Pekan di MalangFoto: A. Afandi/d'travelers


3. Taman Sesat Coban Rondo

Tak jauh dari air terjun terkenal di Malang yaitu Coban Rondo, ada sebuah taman yang berbentuk labirin bernama Taman Sesat.

Labirin di Taman Sesat ini dibentuk dari tanaman teh acalypha setinggi 2 meter. Tanaman ini mulai ditanam pada 2013 lalu dan kemudian taman dibuka setahun kemudian.




Sebelum mulai menjajal taman labirin ini, sebaiknya kamu naik ke menara yang letaknya tak jauh dari pintu masuk taman. Tujuannya agar kamu melihat pola labirin dan bisa melihat jalan keluarnya.

Di tengah labirin kamu akan menemukan air mancur yang cocok jadi spot untuk foto-foto. Disarankan kalau datang ke sini sebaiknya beramai-ramai agar bisa merasakan keseruan menjelajahi labirin.

5 Tempat Wisata Akhir Pekan di MalangFoto: (Arief Kas/d'Traveler)

4. Pantai Banyu Anjlok

Malang yang udaranya dingin dan sejuk, tak cuma identik dengan wisata pegunungan. Malang juga punya pantai-pantai yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Pantai Banyu Anjlok.

Keunikan pantai ini adalah kamu bisa menemukan air terjun dan pantai sekaligus di satu lokasi. Air terjun ini menjadi muara yang tempat bertemunya air tawar dan air asin. Bentuknya juga unik, tidak tinggi seperti air terjun umumnya, melainkan melebar mengikuti kontur dari batu karang.




Wisatawan yang ke sini tidak hanya menikmati suasana pantai tetapi juga diperbolehkan untuk memancing. Jika beruntung, kamu bisa menemukan lobster pasir dan lobster mutiara.

Butuh waktu hingga 3 jam perjalanan dari Kota Malang untuk mencapai pantai yang terletak di Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini. Setelah menempuh jalur darat Turen-Dampit-Tirtoyudo, kamu akan mencapai Pantai Lenggoksono dan bisa memilih menggunakan perahu, naik ojek, atau jalan kaki untuk mencapai Pantai Banyu Anjlok karena lokasinya belum bisa dicapai dengan mobil.

5 Tempat Wisata Akhir Pekan di MalangFoto: lham Firdaus/d'travelers

5. Malang Night Paradise

Malang kini juga punya wisata malam yang unik, yaitu Malang Night Paradise. Di sini kamu akan melihat lampion berbentuk bunga dan hewan, taman dinosaurus, hingga air terjun warna-warni. Lokasi ini memang dirancang bukan cuma sekadar untuk foto-foto, kamu juga bisa belajar sekaligus liburan.

Lokasinya mudah dijangkau karena berada di area Perumahan Graha Kencana, Blimbing, Kota Malang. Untuk mengunjungi tempat ini kamu cukup membayar Rp 25 ribu untuk weekdays dan Rp 35 ribu untuk weekend atau hari libur. Tempat ini buka mulai pukul 18.00-23.00 WIB.

5 Tempat Wisata Akhir Pekan di MalangFoto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Halaman
1 Tampilkan Semua

(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA