Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Nov 2019 15:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Tempat Wisata di Lampung, dari Way Kambas sampai Laguna Dodo

Tasya Awlia
detikTravel
7 Tempat Wisata di Lampung, dari Way Kambas sampai Laguna Dodo/Foto: (Windra Aristiana/d'traveler)
Jakarta - Tempat wisata di Lampung tidak kalah dengan destinasi wisata di tempat lainnya. Saat berada di Lampung, sangat sayang jika tidak mengunjungi keindahan di sana.

Lampung adalah bagian paling selatan di Pulau Sumatera. Provinsi ini menyimpan banyak tempat wisata alam yang luar biasa. Berikut 7 Tempat Wisata di Lampung:




1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan destinasi wisata Lampung yang paling terkenal, dan berumur paling tua di Indonesia. Taman Nasional ini berfokus pada pelatihan dan perlindungan gajah. Sehingga gajah menjadi hal yang wajib untuk dilihat di tempat ini. Kamu dapat melihat pertunjukan gajah dan menaiki gajah. Selain gajah, Taman Nasional ini melindungi beberapa hewan yang hampir punah seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Bagi kamu yang ingin mengambil foto, sebaiknya gunakan kamera jarak jauh. Harga tiket masuk ke taman ini hanya Rp.7000/orang saja.

2. Pantai Dewi Mandapa

Lampung terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah Pantai Dewi Mandapa. Hamparan pasir disertai ombak yang akan memanjakanmu, tidak lupa, spot foto bersama dengan orang tercinta.

3. Teluk Kilun

Teluk Kilun berada di tempat yang tersembunyi, sekitar 80 km dari Kota Bandar Lampung. Jika kamu memutuskan untuk pergi, kamu tidak akan menyesal. Karena kamu akan melihat lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang berkejaran dan melompat. Jika kamu beruntung bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu.

Jika kamu tidak menemukan lumba-lumba, jangan kecewa, suasana alam yang luar biasa indah dan pemandangan perairan juga luar biasa keren. Ada laguna air asin dan kamu bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Ada juga terumbu karang yang sedang dikembangkan oleh warga lokal, sehingga kamu bisa menikmati alam bawah laut teluk kilun yang tak kalah indah.

Kamu tidak perlu khawatir dengan akomondasi. Mulai dari penginapan hingga perahu nelayan akan mengantar langsung ke habitat lumba-lumba.



4. Air Terjun Putri Malu

Air terjun yang berada di hutan tropis ini memiliki keistimewaan tidak hanya berada di lingkungan pegunungan dan asri, tetapi bentuk arus air yang mengalir menyerupai punggung wanita. Karena itu tempat ini diberi nama Putri Malu.

Kamu akan melihat pepohonan yang menjulang tinggi, dan tebing batu yang mengelilingi, serta akan merasakan hawa pegunungan yang sejuk.



5. Pantai Gigi Hiu

Pantai identik dengan hamparan pasir yang halus dan dan gelombang air yang tenang. Tetapi berbeda dengan pantai ini, kamu tidak akan menemukan itu. Lebih ekstrem, kamu akan kesulitan menemukan tempat untuk berenang, tapi akan mudah menemukan spot yang menarik untuk foto dengan latar belakang yang eksotik.

Yang menjadi andalan pantai ini adalah batu-batu karang yang menjulang dengan kesan tajam dan lancip layaknya deretan gigi hiu yang menjadi ciri khasnya. Spot yang istimewa ketika matahari terbit dan tenggelam, menambah eksotis batu karang tersebut. Jika kamu mencari ketenangan dengan suasana yang eksotis, Pantai Gigi Hiu menjadi pilihan yang tepat.

6. Laguna Dodo

Jangan lewatkan sensasi berendam air asin di Laguna Dodo, spot menarik ini tersembunyi di ujung pantai laguna. Tidak banyak orang yang mengetahui karena jauh dari jangkauan dan harus menempuh perjalanan yang tidak mudah.

Perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut oleh pepohonan besar yang tumbuh di bukit, mendengar suara Siamang yang saling bersahutan dan sesekali kera ekor panjang yang berlarian di atas bukit juga latar belakang teluk kilauan yang begitu indah.

Yang paling mengesankan tentunya kolam kecil alami dengan kedalaman tak kurang dari 2 meter, menyerupai laguna. Air yang sangat jernih, serta suara deruan ombak yang menabrak karang.

7. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau diidentikkan dengan gunung berapi yang aktif dan berbahaya, namun tidak banyak yang mengetahui keindahan dan eksotisme.

Wisata trekking menjadi salah satu pilihannya, banyak yang bisa kamu nikmati di kawasan Krakatau misalnya snorkeling, namun berada di Krakatau langsung, menjadi pilihan wajib yang harus diambil. Kamu akan dibawa ke anak Krakatau yang tidak terlalu tinggi, dengan jalan yang berpasir. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai titik aman menuju puncak. Setelah sampai, kamu akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa keren.

Itu hanya beberapa tempat wisata di Lampung yang bisa kamu kunjungi. Ada tempat wisata lain seperti wisata Pantai Pahawang yang memiliki keindahan bawah lautnya. Tertarik ?

(nwy/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA