Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Nov 2019 16:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Habitat Kepiting Jepang yang Seharga Mobil Mewah

Bonauli
detikTravel
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta - Seekor snow crab jadi viral karena harganya setara dengan mobil mewah. Terkenal dengan rasanya yang manis, yuk kenali habitat kepiting ini.

Yang sedang viral adalah seekor snow crab yang dilelang di salah satu pasar ikan Jepang. Diintip detikcom dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019) kepiting ini berhasil dijual dengan harga USD 46.000 atau sekitar Rp 647 juta.

Hasil lelang kali ini merupakan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seekor snow crab. Jenisnya jantan dengan berat 1,2 kg dan memiliki lebar 14,6 cm.

Mengapa kepiting ini sangat mahal? Hal ini didasari oleh kualitas dan rasanya.

Mengenal Habitat Kepiting Jepang yang Seharga Mobil MewahFoto: (iStock)


Kepiting salju atau snow crab memiliki nama latin Chionoecetes opilio. Nama snow disematkan karena kepiting ini memliki daging yang putih.

Kepiting snow akan mulai dicari saat musim dingin tiba, biasanya November. Snow crab hidup di perairan dalam. Mereka hidup di kedalaman 20-2.000 meter.

Biasanya Snow crab hidup di Samudera Arktik sampai ke Samudera Pasifik. Laut Bering dan Perairan Jepang juga jadi tempat hidup snow crab. Mereka memang suka hidup di perairan yang lebih dingin.

Baca Juga: Lupakan Godzilla, Ada Kepiting Monster di Osaka, Jepang

Untuk menangkap kepiting ini bukanlah hal mudah. Nelayan harus memiliki kapal besar untuk berlayar ke area samudera. Kemudian ada beberapa perangkap kawat yang diletakkan di dasar perairan.

Perangkap ini akan ditandai dengan pelampung di permukaannya. Setelah beberapa hari, kapal akan mengangkat perangkap tersebut ke permukaan.

Kepiting ini bisa hidup sampai 20 tahun. Mereka memiliki empat pasang kaki untuk berjalan dan sepasang cakar. Mata kepiting ini berwarna hijau atau biru kehijauan.

Snow crab terkenal dengan rasanya yang lembut dan manis. Dagingnya padat, kakinya panjang, lemak dan teksturnya creamy. Ini mengapa, banyak restoran yang mau membayar mahal hanya untuk seekor snow crab.

Simak Video "Jumat di Masjid Sapporo Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA