Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mata Langit, Tempat Lihat 6 Gunung dan 20 Desa di Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Pemandangan di Mata Langit  (Eko Susanto/detiktravel)
Pemandangan di Mata Langit (Eko Susanto/detiktravel)
Magelang - Ada tempat asyik untuk bersantai sambil menikmati kuliner di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya keren dan wow!

Dari sini pengunjung bisa melihat keindahan enam gunung, Candi Borobudur dari kejauhan dan 20 desa di Kecamatan Borobudur.

Untuk sampai lokasi tersebut, dari Candi Borobudur ditempuh sekitar 30 menitan. Yang perlu diperhatikan bagi pengunjung yang mau menuju lokasi jika naik mobil pribadi pastikan kondisinya kuat melewati jalan menanjak. Kemudian, jika pengunjung datang memakai sepeda motor, sebaiknya jangan memakai sepeda motor jenis metic.

Mata Langit, Tempat Melihat 6 Gunung dan 20 Desa di BorobudurFoto: (Eko Susanto/detiktravel)

Tempat hits untuk bersantai ini berada di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Namanya Mata Langit. Untuk sampai di lokasi, pengunjung harus reservasi terlebih dahulu.

Reservasi perlu dilakukan mengingat jalan menuju lokasi hanya satu jalan. Salah satunya dengan reservasi ini untuk menghindari terjadinya papasan melewati jalan yang menanjak dan sempit. Untuk itu, jika reservasi terlebih dahulu nantinya akan dipandu.

Untuk sampai lokasi ini, pengunjung akan melewati jalan menanjak yang sempit. Namun setelah sampai di lokasi, pengunjung akan merasa terpuaskan melihat lokasi yang keren tersebut. Dari lokasi ini pengunjung bisa melihat keindahan beberapa gunung antara lain Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing, Merbabu hingga Gunung Tidar.




Selain itu, bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan, hamparan 20 desa beserta perkampungan yang berada di wilayah Kecamatan Borobudur. Kemudian, melihat aliran air Sungai Progo.

"Naik kesini memakai sepeda motor ngeri-ngeri asyik. Jalan yang dilewati kecil, cuman bisa satu jalur. Kalau papasan dengan motor lain, kalau nggak tahu medan deg-degan. Rasanya takut dan capek sebelum sampai ke Mata Langit, tapi begitu sampai lokasi puas banget," kata Eky Katharinella Kurniarum, pengunjung dari Karet, Kota Magelang, yang berkunjung pada akhir pekan lalu.

Ia datang dengan temannya, tak menyia-siakan kesempatan tersebut di Mata Langit. Berada di Mata Langit, Eky pun sempat selfie-selfie dengan latar belakang pemandangan dari atas ketinggian tersebut.

Mata Langit, Tempat Melihat 6 Gunung dan 20 Desa di BorobudurFoto: (Eko Susanto/detiktravel)

Pengunjung lainnya, Iqbal Adil dari Jakarta mengaku mengetahui Mata Langit dari temannya yang berpesan jika ke Magelang harus ke sini. Untuk itu, ia yang datang bersama keluarga setelah mengikuti Borobudur Marathon 2019, kemudian mendatangi lokasi tersebut.

"Luar bisa, keren banget. Ini tempat bisa untuk rileks bersama keluarga, terlebih kalau vilanya sudah jadi. Dari sini bisa menikmati keindahan enam gunung. Orang menyesal kalau nggak sampai sini," tuturnya.

Operational Manager Mata Langit, Anton Saputra mengatakan, Mata Langit ini masih satu manajemen dengan Plataran Heritage Borobudur Hotel. Adapun yang dijual dari Mata Langit yakni view dan lunch.




"Konsep yang kami tawarkan Mata Langit yakni view dan lunch. Jadi lebih ke restoran dulu, berupa bangunan joglo bisa untuk meeting. Di sini bisa melihat enam gunung langsung, ada Sumbing, Tidar, Telomoyo, Andong, Merbabu dan Merapi, juga melihat Sungai Progo," kata Anton.

Dari lokasi ini, katanya, juga bisa melihat Kota Jogja. Terlebih jika pada malam hari akan terlihat lampau-lampau keindahan Jogja dari kejauhan.

"Dari sini bisa melihat semuanya, 20 desa di Borobudur kelihatan. Ya berada bagaikan seperti burung yang bisa melihat ke bawah semuanya kelihatan," tuturnya.

Mata Langit, Tempat Melihat 6 Gunung dan 20 Desa di BorobudurFoto: (Eko Susanto/detiktravel)

Adapun ke depannya, akan dilakukan pembahasan terhadap tamu sehingga tidak begitu ramai.

"Kita sudah membatasi per pack Rp 200 ribu banyak yang berminat, ternyata orang Magelang duitnya banyak-banyak dengan dibatasi Rp 200 ribu masih mau," ujarnya.

Jika masih penasaran melihat langsung keindahan pemandangan dari atas ketinggian dari Mata Langit, pengunjung bisa reservasi terlebih dahulu di nomor 0822 1071 8880. Bagi yang masih penasaran, silakan mencobanya.

Simak Video "Karnaval Budaya Magelang, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA