Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Des 2019 06:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Seribu Cinta Magelang, Spot Instagramable yang Dulu Kumuh

Eko Susanto
detikTravel
Taman Seribu Cinta di Muntilan, Magelang. (Eko Susanto/detikcom)
Taman Seribu Cinta di Muntilan, Magelang. (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Lokasi sekitar Sungai Blongkeng dulunya merupakan tempat yang kumuh. Kini di sana ada Taman Seribu Cinta yang instagramable dan ramai dikunjungi wisatawan.

Aliran Sungai Blongkeng membelah batas antara wilayah Kecamatan Salam dan Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bagi pengunjung yang melintas dari arah Jogja, setelah melintas di Jembatan Blongkeng ini akan melihat tulisan 'Welcome To Muntilan Adipura' yang berada sisi barat pinggir sungai.

Tulisan tersebut berada di pinggir tanggul jembatan sisi barat. Di tanggul maupun pinggir jembatan, terdapat taman yang asri dan indah dipandang. Diberi nama Taman Seribu Cinta, lokasi ini pun instagramable bagi yang suka foto-foto maupun selfie.

Taman Seribu Cinta, spot instagramable di Muntilan, Magelang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Selain pada sisi barat, taman juga terdapat di sisi timur. Bahkan, ditanami berbagai tanaman kerokot baik warna putih, ungu, merah dengan media berbentuk love. Kerennya, di lokasi Taman Seribu Cinta Magelang ini pengunjung bisa berfoto-foto maupun selfie dengan beberapa spot yang tersedia.

Pengunjung Taman Seribu Cinta yang sekadar masuk dan foto-foto di lokasi ini tidak dipungut biaya. Kemudian jika ingin menyewa ban maupun selfie di bawah pinggir sungai, cukup mengganti biaya suvenir seharga Rp 2.500.


Pengunjung juga bisa melintas di bawah jembatan Sungai Blongkeng dengan melewati jembatan dari bambu. Jembatan dari bambu ini menghubungkan sisi barat dan timur maupun sebaliknya. Di sungai ini, pengunjung bisa berfoto-foto dengan latar belakang jembatan yang airnya mengalir dengan jernih.

Kasi Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Joni Budi Hermanto mengatakan, dua tempat baik di sisi barat maupun timur dulunya kumuh. Sebelumnya lokasi Taman Seribu Cinta ini merupakan tempat yang jorok yang mudah ditemukan berbagai jenis sampah baik, sampah rumah tangga hingga pecahan kaca ada. Kemudian, pada tahun 2017 dibangun taman yang dimulai dari sisi barat.


"Kami terus berpikir ingin mencari lahan untuk membuat taman. Kami muter-muter hingga akhirnya menemukan lokasi itu. Kemudian mulai dibuat taman sisi barat, kami buat taman pertama dengan di sisi barat yang ada tulisan Welcome To Muntilan Adipura dengan anggaran dari APBD," kata Joni Budi Hermanto saat dihubungi.

Adapun untuk pemberian nama, katanya, terinspirasi dengan memberi nama Taman Seribu Cinta. Dalam artian untuk berbagi beribu-ribu cinta kepada orang lain agar cinta kebersihan, cinta lingkungan, sungai dan lainnya.

"Kami ingin berbagi beribu-ribu cinta kepada orang lain untuk cinta terhadap kebersihan lingkungan, bantaran sungai dan lainnya. Kami buat taman dengan bentuk love tersebut," katanya mengenai alasan di balik nama Taman Seribu Cinta itu.

Taman Seribu Cinta Muntilan, Magelang yang asyik buat foto-foto. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Untuk menjaga Taman Seribu Cinta tetap bersih, setiap harinya ditempatkan beberapa orang baik pagi hingga sore hari. Tenaga Harian Lepas, Harsono, mengatakan, untuk taman sisi barat yang ada tulisan Welcome To Muntilan Adipura dibangun sekitar tahun 2017. Kemudian untuk di sebelah timur, bekas tumpukan sampah dibangun bersama warga masyarakat sekitar tahun 2018. Kemudian, setengah tahun kemudian, seiring berjalannya waktu para pengunjung mulai berdatangan, walaupun kondisi pembuatan taman belum 100 persen jadi.

"Kalau akhir pekan ramai dikunjungi. Saya kadang tanya ada yang datang dari Wonosobo, Jakarta, Jogja, Temanggung, Purworejo, Semarang dan warga sekitar Magelang. Kemudian turis asing juga pernah ada yang datang dari Belanda, Yunani, Perancis dan Brasil," ujar Harsono yang berasal dari Tempel, Kabupaten Sleman itu.

Traveler yang ingin datang ke Taman Seribu Cinta dengan naik sepeda motor dan mobil tak perlu repot memikirkan tempat penitipan kendaraan. Di lokasi ini sudah tersedia tempat parkir yang amat mengakomodir. Untuk tarif parkir sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000, sedangkan masuk di taman free. Jika turun di lokasi sungai, ada spot selfie dengan tulisan love, kemudian menuju bangunan berbentuk kapal ada pengganti suvenir seharga Rp 2.500.

Salah satu spot foto di Taman Seribu Cinta. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

"Tanaman berupa bunga krokot ungu, putih, kuning, merah, terus ada lokasi spot selfie gembok cinta dan rumah pohon. Media tanam ini sengaja dibuat berbentuk love. Terus di atas jembatan dibuat taman vertikal dengan dipasangi pagar setinggi 3 meter agar orang yang melintas tidak membuang sampah sembarangan," tuturnya.

Salah satu pengunjung Taman Seribu Cinta, warga Sapuran, Wonosobo, Mamik Pujiono mengaku, dirinya mampir sembari istirahat di taman ini sepulangnya dari Yogyakarta. Ia sendiri mengetahui karena sering melintas, kemudian kemarin ingin istirahat sekalian untuk berfoto-foto.

"Bagus pengelolaan dan penataannya di buat taman. Jarang sekali di pinggir sungai besar dibuat seperti ini. Masuknya free, air sungai bersih dari sampah," ujar Mamik.


Hal senada disampaikan pengunjung lain yang berasal dari Magelang, Aris Azhar. Datang bersama puteranya, ia mengakui bahwa penataan Taman Seribu Cinta sudah lumayan bagus.

"Penataan lumayan bagus, sudah ditata. Kebanyakan sungai kan nggak terurus, ini seperti revitalisasi sungai dulu yang airnya besih, ramah untuk anak," tuturnya.

Mumpung sebentar lagi momen liburan akhir tahun, traveler minat datang dan foto-foto di Taman Seribu Cinta di Muntilan, Magelang ini?




Simak Video "Musim Liburan Tiba, Antrean Dufan Membeludak"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA