Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2019 21:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Umbul Pengging Boyolali Besok Buka Lagi Usai Diterjang Puting Beliung

Ragil Ajiyanto
detikTravel
Hari ini masih tutup, Umbul Pengging Boyolali rencananya besok buka lagi. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Hari ini masih tutup, Umbul Pengging Boyolali rencananya besok buka lagi. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Usai diterjang angin puting beliung, objek wisata pemandian Umbul Tirto Marto Pengging, Boyolali rencananya akan dibuka lagi Sabtu (14/12/2019) besok.

Menurut pengelola objek wisata Pengging, Wardoyo, Umbul Pengging rencananya akan dibuka lagi mulai besok. Hingga hari ini, proses pembersihan pohon beringin yang roboh pun dikebut untuk dilakukan.

"Besok dibuka lagi untuk semua Umbul," kata Wardoyo, Jumat (13/12).

Umbul Pengging Boyolali Besok Buka Lagi Usai Diterjang Puting BeliungPekerja pembersihan di Umbul Pengging Boyolali usai diterjang puting beliung (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Untuk saat ini, objek wisata Umbul Pengging memang masih tutup. Ada pula papan bertuliskan 'Tutup' di pintu gerbangnya. Sejumlah pekerja terus melakukan pembersihan sejumlah pohon beringin yang tumbang dan roboh setelah puting beliung.

"Hari ini masih tutup," kata Siti, salah seorang karyawan obyek wisata Umbul Pengging.

Dari pantauan detikcom di lokasi, sejumlah pekerja menggunakan gergaji mesin untuk memotongi batang-batang pohon beringin yang roboh. Beberapa pekerja lain menaikkan batang kayu ke truk untuk diangkut keluar. Dedaunan dan ranting kecil juga diangkut menggunakan mobil pikap lain.

Umbul Pengging Boyolali Besok Buka Lagi Usai Diterjang Puting BeliungPekerja masih terus membersihkan Umbul Pengging Boyolali usai diterjang puting beliung. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Sedangkan puing bangunan rumah Joglo yang ambruk sudah disingkirkan. Sejumlah bangunan tembok terlihat rusak akibat tertimpa pohon beringin berukuran besar. Beberapa teras atap juga rusak akibat tertimpa. Paving di sekitar pohon beringin juga rusak akibat terangkat akar pohon yang tumbang.

Pembersihan pohon beringin yang roboh itu sudah dilakukan sejak hari Rabu (11/12). Pembersihan itu ditargetkan bisa selesai sore hari, termasuk pemasangan jaringan listrik yang putus agar listrik sudah menyala lagi besok.


Potensi kerugian objek wisata Umbul Pengging akibat dampak dari terkena bencana angin puting beliung itu sendiri belum bisa diestimasi. Saat ini mereka masih fokus menyelesaikan pembersihan pohon beringin yang tumbang.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemandian Umbul Tirto Marto, Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali ditutup sementara setelah porak-poranda diterjang hujan disertai angin puting beliung pada Selasa (10/12) sore. Puting beliung itu mengakibatkan sejumlah pohon beringin di kompleks wisata pemandian peninggalan Keraton Surakarta itu tumbang. Satu bangunan Joglo juga roboh.

Umbul Pengging Boyolali Besok Buka Lagi Usai Diterjang Puting BeliungBanyak pohon tumbang di Umbul Pengging Boyolali usai diterjang puting beliung. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)



(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA