Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Mar 2020 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Sekaligus Silaturahmi dengan Sultan, Mulai Rp 50 Ribu/Orang

Sudirman Wamad
detikTravel
Berkunjung ke Cirebon, alangkah baiknya bila mampir ke Keraton Kesepuhan. Disinilah pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon berdiri.
Foto: Rengga Sancaya
Cirebon -

Keraton Kasepuhan membuat terobosan anyar guna meningkatkan kunjungan wisata di Cirebon. Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) menerbitkan paket wisata.

Ada tiga jenis paket wisata yang ditawarkan pihak keraton, yakni paket pelajar, silaturahmi dengan Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat dan non silaturahmi. Direktur BPKK Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat menjelaskan untuk menikmati paket wisata silaturahmi dengan sultan Keraton Kasepuhan pengunjung harus merogoh kocek Rp 85 ribu per orang.

"Minimalnya 35 orang, rombongan. Jadi bisa memakai paket ini. Pengunjung bisa bertemu langsung dengan sultan dan berfoto bersama," kata Alexandra kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)

Selain itu, pihak keraton juga menawarkan paket silaturahmi dengan harga yang beda, yakni Rp 135 ribu per orang. Minimal ada 35 orang yang memilih paket ini.

"Kalau paket yang ini pengunjung bakal menikmati pertunjukan kesenian di lingkungan keraton. Semuanya sama, mendapatkan makanan ringan, foto dan silaturahmi dengan sultan. Termasuk sudah keliling keraton," kata Alexandra.

Lebih lanjut, Alexandra mengatakan untuk paket wisata non silaturahmi dengan Sultan, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 115 ribu per orang. Minimal ada 40 orang yang memilih paket ini.

Pilihan keduanya ada Rp 175 per orang, sama seperti paket pertama, minimal ada 40 orang. Bedanya, untuk paket non silaturahmi Rp 175 per orang itu, pengunjung mendapatkan sesi masakan makanan nasional, termasuk khas Cirebon.

"Pengunjung keliling keraton, mendapatkan makanan ringan, tapi tidak silaturahmi dengan sultan. Pilihan lainnya pengunjung bisa menikmati makanan nasional," katanya.

Selain dua paket tersebut, pihak keraton juga membuat paket khusus pelajar. Paket ini lebih mengutamakan edukasi terhadap pelajar terkait sejarah keraton.

"Selain lebih murah dengan kunjungan biasa, paket wisata belajar ini siswa akan mendapatkan penjelasan lengkap dari pemandu terkait sejarah Keraton Kasepuhan," katanya.

Pelajar juga bisa menikmati pagelaran seni yang dibuka langsung oleh Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Ada beberapa permainan yang dilakukan untuk menambah wawasan pelajar.

Pengunjung di Keraton Kasepuhan di CirebonPengunjung di Keraton Kasepuhan Cirebon Foto: Rengga Sancaya

"Games yang diberikan juga terkait sejarah, apakah siswa ini memperhatikan atau tidak saat diberikan cerita sejarah. Paket ini memang diminati kalangan sekolah, ya sekolah di luar Cirebon juga," katanya.

Untuk bisa menikmati paket tersebut pelajar hanya merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu per orangnya, minimal 50 pelajar.



Simak Video "Aneka Buah Tangan Khas Cirebon, Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA