Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Apr 2020 08:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inilah Pentagon-nya Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
Benteng Belgica
Ini nih pentagonnya Indonesia. (Syanti/detikTravel)

Dulunya, benteng ini adalah benteng terbaik yang berhasil dibangun VOC di Banda. Benteng ini menampung 400 tentara yang menangani 58 persenjataan, termasuk meriam.

Selain itu, benteng itu memiliki pertahanan ganda, yang terdiri atas bangunan segi lima yang dilengkapi menara yang berbentuk bulat dan lima menara yang runcing. Sisa-sisa kehebatan benteng ini dapat traveler lihat dari benteng yang masih kokoh dan terdapat beberapa meriam yang menghadap ke arah laut.

Di tengah-tengah ruangan tengah benteng terdapat lubang seperti sumur. Ini adalah jalur terowongan yang menghubungkan Benteng Belgica dengan Benteng Nassau. Jalur terowongan sepanjang 126 meter ini juga menghubungkan benteng ke tepi pantai.

Benteng BelgicaBenteng Belgica Foto: (Syanti/detikTravel)

Karena benteng ini berada di 30 meter di atas permukaan laut, tentu saja benteng ini menjadi bangunan tertinggi di Banda Neira. Dari atas benteng, traveler bisa melihat segala penjuru pulau. Serta dari atas benteng traveler juga bisa melihat sunset yang indah yang terbenam dari balik Gunung Api Banda.

Bangunan benteng memiliki luas sekitar 5.720 meter dan dikelilingi oleh taman hijau nan cantik. Setiap sore benteng selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu hanya untuk berfoto-foto maupun menghabiskan waktu bersantai sembari menunggu sunset alias matahari terbenam.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "BMKG Minta Waspadai Potensi Tsunami Non-Tektonik Usai Gempa di Maluku"
[Gambas:Video 20detik]

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA