Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Mei 2020 03:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Arguni, Sebuah Kampung Muslim di Fakfak

Bonauli
detikTravel
Pulau Arguni, kampung muslim di Fakfak
Pulau Arguni, kampung muslim di Fakfak (dok Istimewa/Hari Suroto)


Jangan pula kaget dengan masyarakat pulau ini. Seluruh masyarakat Arguni menganut agama Islam. Semua perempuan di pulau ini mengenakan kerudung.

Sejak masuk sekolah, anak-anak perempuan juga sudah diajarkan untuk berkerudung. Pemandangan ini sedikit berbeda dengan pulau-pulau lain di Papua Barat.

Ada sekitar 300 kepala keluarga yang tinggal di kampung muslim ini dan mencari nafkah sebagai nelayan. Tapi ternyata penduduknya masih kalah banyak dari jumlah kambing.

Pulau Arguni, kampung muslim di FakfakPulau Arguni, kampung muslim di Fakfak Foto: (dok Istimewa/Hari Suroto)



"Karena banyak kambing, ada satu pulau di depan Arguni yang diberi nama Pulau Kambing. Tapi di sana justru tak ada kambing," jelasnya.

Kambing-kambing dibiarkan bebas oleh pemiliknya. Bukti kepemilikan kambing hanya ditandai dengan kalung warna-warni dari tutup botol minuman. Kambing-kambing ini dihargai 6-8 juta per ekornya. Terbilang tak murah karena ukuran kambing di Arguni tak begitu besar.

"Kambing-kambing mencari daun hingga memanjat dinding karang yang terjal. Tapi tak jarang, ada saja kambing yang lompat jendela rumah masuk ke dalam dapur mencari nasi," cerita Hari.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA