Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jun 2020 08:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Urban Legend Jakarta yang Bikin Kamu Bergidik Ngeri

Femi Diah
detikTravel
1

1. Si Manis Jembatan Ancol

Halaman 2 dari 6

Polisi mengecek TKP temuan sandal biru di Jembatan Ancol.
Foto: dok. Istimewa

Traveler yang besar di tahun 90-an tentu sudah tak asing dengan kisah si manis dari Jembatan Ancol. Film horor yang dahulu dibintangi oleh Kiki Fatmala dan Ozzy Syahputra ini memang sempat populer di zamannya.

Hanya bukan sembarang film, konon kisahnya terinspirasi dari kisah nyata di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Jembatannya memang sudah tak ada, tapi misterinya tetap abadi.

Dikisahkan oleh Candha, sosok si manis ini pun disebut memiliki tiga versi. Di mana masing-masing punya ceritanya sendiri.

"Siti Ariyah yang disebut sebagai Maryam. Di era 1817, sering memakai baju warna putih. Ingin dipinang seorang lelaki, tapi ternyata jadi selir. Dia enggak mau, kabur, tapi habis itu ada centeng (Tukang pukul) orang yang mau nikahin menculik. Berantem dengan centeng dan Mariam meninggal. Jasadnya dibuang di Jembatan Ancol," ujar Candha.

Setelah Ariyah, juga ada cerita si manis bernama Halimah pada tahun 1900-an. Setelah itu, juga ada sosok Asih di tahun 1950.

"Asih kecewa banget karena ditinggal pacarnya, memakai baju merah. Sosok yang sering mengganggu orang-orang sampai saat ini," tutur Candha.

Terlepas dari sosok si manis yang jadi misteri, konon lokasi dari Jembatan Ancol dahulu merupakan bagian dari kerajaan yang besar. Kabarnya, ada kerajaan jin di sana.

"Ada juga yang bilang kali ini adalah kerajaan yang besar. Waktu ada pemasangan tiang pancang flyover, terpaksa digeser. Karena ternyata dalam disebut ada kerajaan jin. Asih ternyata menikah dengan Raja jin, mulailah dia suka mengganggu. Ada buaya putih, ular, biasanya ada penampakan dan kejadian aneh-aneh," cerita Candha.

Malah saking angkernya, konon para pengendara truk dan kendaraan berat yang sering lewat kawasan Ancol harus menekan klakson sebagai tanda izin. Apabila tidak, kabarnya akan ada kejadian mengerikan. Boleh percaya boleh tidak.

(rdy/ddn)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA