Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jun 2020 07:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Patung & Monumen Unik di Jakarta (1)

Tugu Tani, Patung Tani Jakarta
Patung di Jakarta (Ari Saputra/detikFoto)
3. Patung Dirgantara

Berdiri di kawasan Pancoran, tak sedikit traveler yang kerap salah menyebut nama Patung Dirgantara. Padahal, patung yang jadi warisan terakhir Sukarno itu dibuat untuk memajukan kedirgantaraan Indonesia.

"Dibangun tahun 1964, tujuannya sebagai lambang kebesaran dan kemegahan kedirgantaraan Indonesia," ujar Kartika.

Patung dirgantara atau yang lebih dikenal dengan patung pancoran, Jakarta Selatan (23/8/2014) dibersihkan. Patung setinggi 38 meter itu, (11 meter patung, 27 meter kaki) itu kini sudah mulai tampak bersih.Patung dirgantara atau yang lebih dikenal dengan patung pancoran, Jakarta Selatan (23/8/2014) dibersihkan. Patung setinggi 38 meter itu, (11 meter patung, 27 meter kaki) itu kini sudah mulai tampak bersih. Foto: Hasan Alhabshy

Dijelaskan, patung itu terinspirasi dari astronot pertama Rusia, Yuri Gagarin, dan sosok Gatotkaca. Mimpinya, Sukarno berharap kalau patung itu bisa memotivasi bangsa. Tentunya juga untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Yang perlu dibanggakan adalah keberanian pahlawannya. Kita buat patung menjulang tinggi yang mau terbang," kata Kartika menirukan kalimat Sukarno.

Sayang, Sukarno gugur lebih dulu sebelum sempat melihat patung itu selesai dibangun. Namun, akhirnya patung itu tetap selesai di tangan sang perupa, Edhi Sunarso.

4. Patung Pemuda Membangun

Traveler yang sering hilir mudik di kawasan Senayan tentu sudah tak asing dengan Patung Pemuda Membangun. Sejarahnya, patung yang berdiri gagah dan memegang api ini dibuat untuk memperingati Sumpah Pemuda.

"Dibangun 1971 Juni, Juli selesai 1972. Rencananya mau selesai pas Sumpah Pemuda 28 Oktober di tahun yang sama," ujar Kartika.

Jelang Asian Games 2018 Patung Pemuda Membangun dipercantik dengan adanya air mancur dan taman. Seperti apa penampakannya?Jelang Asian Games 2018 Patung Pemuda Membangun dipercantik dengan adanya air mancur dan taman. Seperti apa penampakannya? Foto: Rifkianto Nugroho

Menariknya, pembangunan patung tersebut disponsori oleh Pertamina yang sedang jaya saat itu. Malah, sosok sang Dirut kala itu disebut jadi modelnya.

"Patung ini merupakan sumbangan dari Pertamina. Dirut yang waktu itu menjabat juga ikut turun memantau patung itu. Ibnu Sutowo, katanya dia mertua Dian Sastro," ujar Kartika.

Lebih lanjut, api yang ada di atas patung itu menjadi pralambang dari Pertamina sebagai perusahaan minyak negara sekaligus semangat pemuda-pemudi. Jadi tak heran kalau patung itu dibuat sangat gagah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Knalpot Brong Disulap Jadi Patung Elang Raksasa"
[Gambas:Video 20detik]

(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA