Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jun 2020 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pilih Jeep atau Delman, Semuanya Ada di Parangtritis

Aisa Marisa
detikTravel
Pantai Parangtritis
Foto: Pantai Parangtritis (Aisa Marisa/d'Traveler)
Yogyakarta -

Belum lengkap liburan ke Yogyakarta kalau belum pergi ke Pantai Parangtritis. Kamu bisa naik Jeep, ATV hingga Delman di sini. Semuanya ada.

Di pantai Parangtritis banyak kegiatan yang bisa dilakukan traveler. Kini kamu bisa berkendara di dalam pantai ketika berlibur di Parangtritis. Semuanya memberikan pengalaman yang tak terlupakan

Kalau biasanya kamu hanya bermain pasir, air laut atau sekedar berfoto, di Parangtritis kamu bisa berkendara. Silahkan pilih kendaraamu, ingin menggunakan jeep, ATV, atau delman ? Semua memiliki sensasinya sendiri. Jadi kalau kamu ingin merasakan semuanya, jadwalkan 1 hari khusus di pantai ini!


Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika kamu datang bersama rombongan, transportasi bus bisa dipilih karena biayanya jauh lebih murah. Kendaraan motor dan mobil juga bisa digunakan karena jalan menuju ke sini sudah sangat baik.

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh penduduk lokal untuk memudahkan para pengunjung. Seperti area parkir, kedai makanan, hingga hotel. Jika kamu ingin menikmati matahari terbenam dan suasana pantai di malam hari, kamu bisa menginap di hotel terdekat.

Tidak perlu biaya besar untuk dapat menikmati Parangtritis.Kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Jika ingin menikmati pantai dengan leluasa, ada baiknya datang di hari kerja karena jumlah pengunjung yang lebih sedikit.

Pantai ParangtritisPantai Parangtritis Foto: Aisa Marisa/d'Traveler



Waktu itu saya berkunjung di hari senin sekitar Pkl 10.00. Cuacanya tentu sangat panas dan menyengat. Saya bisa merasakan panasnya pasir menyakiti telapak kaki karena saya menggunakan alas kaki yang kurang tepat.

Jadi saran saya jika kamu berkunjung di saat matahari sedang terik, gunakan alas kaki tertutup. Penggunaan tabir surya juga sangat direkomendasikan supaya kulitmu tidak gosong.

Hari itu saya memilih jeep untuk berpetualang di Parangtritis. Harga penyewaan jeep dimulai dari Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Yang membedakan adalah rute perjalanan yang akan kamu lalui.

Paket dengan harga Rp 500.000 akan membawa kamu ke 9 tempat, menelusuri Parangtritis mulai dari ujung hingga ke ujung. Saya hanya mengambil paket Rp 300.000 dan jeep membawa saya ke Pantai Karang/ Parangendog, Parangtritis Baru (tempat ikonik), dan Parangkusumo.

1 buah jeep bisa diisi hingga 4 orang termasuk 1 orang pengemudi. Kalau ingin merasakan sensasi mengendarai jeep, kamu bisa bertukar posisi dengan sang pengemudi. Tujuan pertama kami adalah Pantai Karang/ Parangendog dimana terdapat karang yang selalu dijadikan spot foto.

Di tempat inilah, terdapat resort terkenal yang cukup viral. Kamu bisa menikmati resort ini dengan berfoto di dalamnya dan cukup membayar Rp 70.000.

Pantai ParangtritisPantai Parangtritis Foto: Aisa Marisa/d'Traveler



Selain jeep, kamu bisa menggunakan delman menuju Pantai Karang ini. Harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan jeep, yaitu hanya sebesar Rp. 100.000 untuk satu kali tujuan perjalanan. Namun kapasitasnya hanya untuk 2 penumpang saja dan tentunya berjalan lebih pelan.

Tempat kedua adalah Parangtritis Baru dimana kamu bisa menemukan tulisan ikonik Pantai Parangtritis. Di sekitarnya tersedia deretan payung dan tikar untuk disewakan kepada pengunjung. Harga sewanya hanya Rp 15.000 dan kamu bisa melakukan sunbathing di sini.

Mau menikmati segarnya es kelapa? Kamu hanya perlu memesannya di jejeran pedangang kaki lima sekitar pantai.

Jika kamu ingin bermain ATV, kamu akan dibawa ke Parangkusumo karena pasirnya jauh lebih keras dan sesuai untuk medan ATV. Harga sewa ATV adalah Rp 50.000 untuk durasi 20 menit dan kamu akan diajari bagaimana cara mengendarainya.

Di Parangkusumo, juga terdapat kolam air hangat yang diperuntukkan bagi anak-anak. Biasanya kolam ini beroperasi di sore-malam hari saat cuaca di pantai berangsur dingin. Tempat yang instagramable pun akan kamu jumpai di tempat ketiga ini.

Kamu bisa berkunjung ke Parangtritis kapanpun karena tempat ini dibuka 24 jam, namun fasilitasnya hanya tersedia hingga Pkl 17.00 saja. Banyak orang yang bilang, waktu kunjungan terbaik adalah saat matahari terbenam.



Namun kapanpun itu, Pantai Parangtritis selalu indah untuk dinikmati. Berikut tips saya jika kamu datang di pagi jelang siang hari

1. Beraktivitas di bawah sinar matahari cukup menguras energi. Jadi siapkan minuman agar kebutuhan cairanmu tercukupi. Gunakan topi agar kepalamu tidak terpapar panas secara langsung

2. Gunakan baju berlengan panjang jika kamu tidak ingin menghitam. Sebelum itu, aplikasikan tabir surya mulai dari wajah hingga ujung kaki. Gunakan kacamata hitam agar matamu tidak tersakiti oleh sinar ultraviolet

3. Pilih petualangan yang ingin kamu nikmati. Jika kamu memilih jeep, tentukan paket sesuai dengan kemampuan tubuh dan rencana perjalananmu selanjutnya. Yang perlu diingat adalah jika kamu memilih paket lengkap maka siapkan 1 hari khusus di Parangtritis. Saran saya, menginaplah semalam di hotel sekitar sebelum melanjutkan perjalanan esok harinya

4. Gunakan sepatu tertutup seperti sneakers untuk melindungi kakimu dari panasnya pasir yang kamu pijak

5. Jangan pernah berenang di laut karena Pantai Parangtritis memang tidak direkomendasikan untuk kegiatan tersebut

6. Jika kamu berkunjung di hari kerja, lebih baik kamu membawa bekal makanan sendiri. Hal ini dikarenakan tidak semua kedai makanan buka di hari biasa. Mereka memilih beroperasional di akhir pekan saat kunjungan turis lebih ramai dan padat

Jadi sudah tahu apa yang akan kamu lakukan di sini ? Apapun itu, selamat menikmati Parangtritis dengan caramu sendiri !

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Aisa Marisa dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Menikmati Suasana Pantai Mainukong, Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA