Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 07:21 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Jakarta yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Monas jadi salah satu objek wisata yang ditutup guna cegah penyebaran corona di wilayah Jakarta. Yuk, lihat suasana di Monas yang kini sunyi dari pengunjung.
Ilustrasi Monas (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Bulan Juni ini Jakarta merayakan HUT yang ke-493. Namun, setidaknya ada 5 fakta soal Jakarta yang mungkin belum banyak orang tahu.

Identik dengan kemacetan hingga banjir, Jakarta telah menempuh perjalanan panjang sebelum menjadi kota metropolitan seperti dewasa ini. Tak sedikit pula orang yang berjuang di Jakarta untuk mencari nafkah.

Hanya faktanya, Jakarta yang sekiranya telah kita kenal punya banyak hal yang belum diketahui. Di mana hal tersebut justru menambah keunikan dari Jakarta.

Hal itu pun diulas dalam Instagram resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta. Dilihat detikcom, Senin (29/6/2020), berikut lima fakta menarik soal Jakarta.

1. Sempat berganti nama 13 kali

Usia Jakarta nyaris 5 abad. Dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung, Jakarta kini berkembang menjadi kota metropolis. Jakarta sudah 13 kali berganti nama seiring berjalannya waktu.

[Gambas:Instagram]



Diawali sebagai Sunda Kelapa, Jayakarta hingga Stad Batavia, Jakarta punya banyak nama hingga akhirnya disebut demikian. Tahu tidak namanya apa saja?

2. Punya lebih dari 100 pulau

Sebagai provinsi, Jakarta juga mencakup Kabupaten Kepulauan Seribu yang berada di Utara Jakarta. Sesuai dengan Pasal 32 Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999, Kecamatan Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Kotamadya Jakarta Utara ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.Pulau Tidung di Kepulauan Seribu (Randy/detikcom)

Menariknya lagi, Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki setidaknya 110 pulau. Memang tidak sampai seribu sesuai namanya, tapi jumlah itu juga sudah cukup banyak.

3. Kota dengan jumlah mall terbanyak

Tahukah Anda, bahwa Kota Jakarta merupakan kota metropolitan yang termasuk dalam kota dunia dengan mall terbanyak. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 130 mall.

Pasca ledakan dan baku tembak di Jalan Thamrin, empat mal tutup sementara. Keempat mal tersebut adalah Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, dan Arion. Rengga Sancaya/detikcomIlustrasi mal di Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom)

Diketahui, mall di Jakarta Selatan tercatat yang paling banyak jumlahnya dibandingkan wilayah lainnya. Kalau kamu suka ke mall yang mana dan di mana?

4. Punya Jakarta Fair dari tahun 1968

Pekan Raya Jakarta (PRJ) digelar pertama kali di Kawasan Monas tanggal 5 Juni hingga 20 Juli tahun 1968 dan dibuka oleh Presiden Soeharto dengan melepas merpati pos pada saat Kota Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin.

PRJ pertama ini disebut DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (Ejaan Lama). Lambat laun ejaan tersebut berubah menjadi Jakarta Fair yang kemudian lebih popular dengan sebutan Pekan Raya Jakarta.

5. Punya kebun binatang pertama di Indonesia

Kebun binatang pertama di Indonesia sendiri dibangun pada 1846, saat Nusantara masih menjadi koloni Belanda. Saat itu Raden Saleh, seorang pelukis kenamaan asal Indonesia, menghibahkan pekarangan rumahnya di daerah Cikini, Jakarta, untuk dijadikan kebun binatang. Tanah yang dihibahkannya seluas 10 hektar.

Ragunan kembali dibukaRagunan kembali dibuka (Sachril Agustin Berutu-detikcom)

Kebun binatang tersebut diberi nama Kebun Binatang cikini. Saat itu, Kebun Binatang Cikini sudah memiliki 100 ekor satwa. Satwa tersebut di antaranya adalah banteng, burung, buaya, menjangan tutul, kijang, beruang madu, monyet mantol dan Jawa, dan lainnya.

Posisi Cikini yang berada di pusat kota tidak bisa berekspansi lagi dan dipindahkan ke Ragunan pada tahun 1966. Selanjutnya, adalah seperti yang kita ketahui sekarang.

Itulah lima fakta menarik soal Jakarta yang sering luput dari perhatian traveler. Jakarta memang punya banyak masalah, tapi tak mengurangi keunikannya.



Simak Video "Pulau Rambut, Surga Burung Kepulauan Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA