Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 17:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rendang dan 6 Makanan Khas Wisata Sumbar

Syanti Mustika
detikTravel
Sejumlah pengunjung menikmati kawasan Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (25/5/2020). Meskipun masih dalam masa PSBB hingga 29 Mei 2020, objek wisata aikonik di Sumbar itu masih dikunjungi pengunjung. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Jam Gadang di Bukittingi Sumatera Barat Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Sumatera Barat tak hanya punya rendang. Banyak kuliner enak yang bisa kamu jajal saat liburan ke Ranah Minang.

Sumatera Barat sontak menjadi sorotan karena menjadi lokasi syuting chef ternama Gordon Ramsay untuk program National Geographic 'Gordon Ramsay: Uncharted' yang memilih Sumatera Barat. Dalam video kita bisa melihat Gordon memasak rendang dengan pakar kuliner ternama Indonesia Willian Wongso, mencicipi bika, makan durian dan berkenalan dengan budaya Minang. Gordon memilih William Wongso sebagai mentornya dalam memasak rendang.

Tapi, sejatinya kuliner Sumatera Barat tidak hanya itu, lo. Banyak olahan yang menggugah selera yang menjadi ciri khas dari 'urang awak'. Baik itu olahan yang menjadi lauk ataupun cemilan. Semuanya enak-enak!

Dirangkum detikcom, berikut beberapa kuliner baik itu menjadi lauk atau cemilan yang harus kamu cicipi saat liburan ke Ranah Minang.

1. Gulai itik

Banyak sekali varian gulai yang bisa kamu temukan di Minangkabau, salah satunya gulai itiak. Gulai itiak atau itik merupakan kuliner khas dari Koto Gadang Agam, Bukittinggi.

Bahan dasarnya adalah itik yang dipadu dengan bumbu cabe rawit hijau, laos, kunyit, daun salam, jahe, daun jeruk dan daun kunyit. Rasanya yang pedas gurih membuat lidahmu bergoyang.



2. Dendeng

dendeng Minangdendeng Minang Foto: detikFood


Siapa yang tidak kenal dengan olahan dendeng dari tangannya orang Minang? Ada beberapa pilihan dendeng, seperti dendeng balado dan dendeng batokok. Dendeng terbuat daging sapi yang dipotong tipis, dibumbui lalu dikeringkan dengan diasapi atau dijemur.

Dendeng pun terasa nikmat saat dicampur dengan bumbu balado yang dimakan dengan nasi hangat. Lamak bana!

3. Keripik balado

Dari sekian banyak pilihan kuliner khas, karupuak sanjai mungkin layak menjadi pilihan utama untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi.Dari sekian banyak pilihan kuliner khas, karupuak sanjai mungkin layak menjadi pilihan utama untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi. Foto: Dikhy Sasra



Cemilan khas Minang ini pasti menjadi oleh-oleh yang selalu dibawa para perantau. Keripik yang bahan dasarnya ubi singkong ini dibumbui dengan bumbu cabai yang membuatnya semakin gurih dan enak. Kamu juga bisa memilih keripik yang rasanya pedas manis atau yang original (tidak dikasih cabai).


4. Sate Padang


Sate Padang mewakili beberapa varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate tidak hanya daging sapi, namun juga ada lidah dan jeroan (usus, tetelan dan jantung) yang disusun di lidi dan dibakar dengan diolesi minyak dan bawang goreng. Nanti sate disirami kuah dengan bumbu yang khas.

sate padangsate padang Foto: Instagram



5. Kacimuih


Kacimuih adalah kuliner yang terbuat dari parutan ubi singkong yang dikukus. Nanti parutan tersebut akan disirami gula merah cair sebagai pemanis.

6. Sala lauk

camilanFoto: (Tommy Bernadus/d'Traveler)


Jika kamu membeli lontong di restoran Padang kamu bisa menemukan cemilan ini. Sala lauk terbuat dari paduan tepung, kunyit, daging ikan dan dipadu bumbu-bumbu lainnya yang nantinya dicetak bulat. Setelah itu digoreng hingga bagian luarnya kering.

7. Galamai

Jika kamu mengenal dodol Betawi atau dodol Garut, orang Minang juga punya manisan seperti itu yang disebut galamai. Sekilas bentuk dan bahannya hampir sama, namun galamai biasanya ditabur kacang tanah di atasnya.

Sebenarnya masih banyak kuliner yang dimiliki Sumatera Barat. Nanti langsung saja kamu buru di Ranah Minang ya.






Simak Video "Camilan Rendang Garing, Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA