Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jul 2020 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Destinasi Wisata nan Indah di Purwokerto

Rizka Elfira
detikTravel
Wisata di Banyumas
Hutan pinus di Purwokerto (Arbi Anugrah/detikcom)
Purwokerto -

Dijuluki sebagai kota keripik, Purwokerto ternyata memiliki tempat-tempat indah yang tersembunyi. Berikut lima tempat wisata di kota berhawa sejuk itu.

Purwokerto yang berada di kaki Gunung Slamet lekat dengan penganan mendoan dan Universitas Jenderal Soedirman itu menjadi favorit wisatawan yang ingin menepi sejenak dari keriuhan klakson kendaraan bermotor dan kesibukan sehari-hari. Memasuki Purwokerto, traveler bakal diajak sedikit melambat untuk menikmati waktu.

Apalagi, jika traveler langsung menuju Baturaden, dengan sejumlah pilihan tempat wisatanya. Daeraeh yang makin mendekati Gunung Slamet itu udara makin sejuk. Vew-nya pun makin hijau.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Minggu (5/7/2020), berikut tempat wisata di Purwokerto:

1. Telaga Sunyi

Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi menyuguhkan kesunyian dan ketenangan. Keindahan alam dan kejernihan air, menambah ketenteraman bagi kalian yang berada di tempat ini.

telagaTelaga Sunyi di Purwokerto (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)

Bila penat melanda, cocok untuk kalian yang ingin menjernihkan pikiran dan melupakan sejenak masalah yang ada. Bukan hanya itu, kalian juga dapat berendam, berenang, menyelam dan melihat bebatuan yang indah di dasar telaga bila berkunjung ke sini.

2. Bukit Bintang Baturaden

Mirip dengan Punclut (Puncak Ciumbuleuit), Bukit Bintang Baturaden di Purwokerto juga menyuguhkan keindahan lampu kota pada malam hari.

Lampu kota menjadi pemandangan cantik dan menyenangkan. Ditambah dengan cahaya bintang yang bertaburan di langit Purwokerto, mampu menambah syahdunya malam saat berada di bukit ini.

3. Mata Air Pancuran Tujuh

Memiliki tujuh sumber pancuran tempat air mengalir, menjadikan tempat ini disebut Mata Air Pancuran Tujuh. Berada di sisi selatan Gunung Slamet membuat sumber air menjadi hangat karena berada dekat dengan dapur magma.

Uap dan hangatnya air alami di Pancuran Tujuh dapat kalian nikmati dengan mencelupkan atau membasuh kaki kalian ke dalam air. Tidak jarang, ada juga yang menikmati air hangat dengan mandi di sana.

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Terletak di Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah hutan ini berada tepat di kaki Gunung Slamet. Keindahan hutan siap memanjakan mata kamu saat datang ke sini.

Wisata di BanyumasNuansa hutan nan syahdu (Arbi Anugrah/detikcom)

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk kalian bila ingin berkunjung dan merasakan kenikmatan yang Tuhan berikan pada hutan ini. Udara yang sejuk dan pepohonan yang rindang mampu menambah rasa syukur kalian atas kekayaan alam di Indonesia.

5. Small World

Tempat wisata satu ini berada di daerah Baturaden. Small World merupakan tempat wisata yang menyuguhkan miniature berbagai bangunan yang ada di belahan dunia.

Miniature dibuat sedemikian rupa agar terlihat sama persis dengan yang asli. Tak hanya itu, kalian juga dapat menikmati hamparan bunga warna-warni yang indah dan pastinya cocok untuk mengambil foto.

Itulah sejumlah destinasi indah dan asyik di Purwokerto. Pastikan kamu mampir ke sana ya kalau situasi sudah kondusif.

6. Kebun Raya Baturaden

Dikutip dari kebun raya daerah, Kebun Raya Baturaden terletak di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor, Banyumas atau berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Purwokerto.Kebun raya ini berbatasan dengan Lokawisata Baturraden dan Bumi Perkemahan Baturraden.

Kebun Raya Baturaden ini menjadi yang pertama bagi Jawa Tengah. Kebun raya itu usulan Megawati Soekarnoputri (Wakil Presiden Republik Indonesia) yang mengusulkannya pada penutupan Jambore Nasional tahun 2000 di Baturraden karena Jateng belum memiliki kebun raya.

Luas keseluruhan Kebun Raya Baturraden mencapai 143,5 ha dan terletak di kawasan Wana Wisata Perum Perhutani yang merupakan perkebunan pinus (Pinus merkusii), damar (Agathis borneensis), dan rasamala (Altingia excelsa), serta beberapa jenis rotan sebagai sisipan. Kebun Raya Baturraden telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ untuk flora pegunungan Jawa.

7. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden menawarkan berbagai spot wisata, berenang dengan air hangat, air mancur, curug, juga rimbunan pohon dan ayunan gantung, dan sepeda gantung. Tiket masuknya tak terlalu mahal, cuma Rp 14 ribu per kepala.



Simak Video "Pasar Wage Purwokerto Dilahap Api"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA