Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jul 2020 16:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Gumawang, Air Terjun yang Eksotis di Ciamis

Dadang Hermansyah
detikTravel
Curug Gumawang
Curug Gumawang, Ciamis, Jawa Barat Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Satu lagi tempat wisata air terjun baru di Ciamis, Curug Gumawang di Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar. Pemandangan eksotis di ketinggiannya 40 meter.

Curug Gunawan yang terletak di area hutan rakyat ini sudah diketahui keberadaannya. Sebelumnya hanya dimanfaatkan untuk perairan sawah. Melihat air terjun ini sebagai sebuah potensi, warga setempat kemudian menatanya sampai menjadi wisata menarik untuk dikunjungi.

Obyek wisata ini baru dibuka belum lama ini. Namun sudah banyak pengunjung yang berdatangan, karena disosialisasikan melalui media sosial dan dari mulut ke mulut. Lokasinya dari pusar Kota Ciamis berjarak 1,5 jam menggunakan kendaraan.

Untuk masuk ke Curug, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 200 meter menyusuri jalan setapak. Akses masuk cukup mudah karena telah ditata oleh warga setempat.

Air terjun Gumawang ini sangat eksotis karena berada di lembah tebing batu yang cukup tinggi. Sangat cocok sebagai latar belakang foto dan Instagrammable. Tak hanya itu, di aliran air terjun ini juga bisa untuk basah-basahan.

Curug GumawangCurug Gumawang Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Seperti pantauan detikcom, terlihat beberapa anak tengah berenang dan bermain air di aliran Curug Gumawang. Sedangkan di sekitar air terjun, beberapa warga tengah asyik berfoto ria.

Di area obyek wisata baru ini sekarang sudah banyak pedagang yang berjualan. Di masa pandemi COVID-19, setiap hari Curug tak pernah sepi. Banyak warga lokal dan remaja yang berkunjung tidak hanya di akhir pekan saja.

Untuk sementara itu, pengunjung yang masuk ke Curug Gumawang Ciamis tak perlu membayar karcis alias gratis. Namun cukup membayar parkir kendaraan saja. Saat ini obyek wisata ini masih terus berbenah.

Curug GumawangCurug Gumawang Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

"Baru pertama kali ke Curug Gumawang ini, karena memang baru buka katanya. Saya tahu dari temen ngajak ke sini, jadi sekarang bersama teman-teman naik motor. Curug nya bagus, eksotis, tinggi bagus buat foto-foto, sangat indah," ujar salah seorang pengunjung Indriani (17) saat ditemui di lokasi curug, Kamis (16/7/2020).

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis Endang Haris menyatakan Curug Gumawang ini merupakan wisata alam yang sudah jadi. Ia berani menjual dan mempromosikan wisata baru yang dikelola masyarakat.

Curug GumawangCurug Gumawang Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

"Saya menyarankan warga membentuk Pokdarwis untuk langkah ke depan dalam mengelola wisata ini," ucapnya.

Camat Banjaranyar Dedi Iwa Saputra menuturkan Curug Gumawang sebagai salah satu potensi wisata alam di wilayahnya yang perlu pengembangan. Karena meski baru seumur jagung, antusiasme masyarakat terhadap Curug Gumawang Ciamis cukup tinggi.

"Perlu ada sentuhan dari pihak lain, agar obyek wisata ini berkembang, terutama lebih dikenal luas tak hanya oleh warga lokal tapi pengunjung dari berbagai daerah," jelas Dedi.



Simak Video "Curug Gumawang, Objek Wisata Air Terjun Baru di Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA