Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Agu 2020 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Begini Sensasi Naik Kereta Cepat di China

Chardian Arguta
detikTravel
Kereta Cepat di China
Foto: (Chardian Arguta/d'travelers)
Jakarta -

Jika liburan ke China sempatkan untuk menikmati perjalan antar kota dengan moda kereta cepat. Keberangkatan kereta tepat waktu dan suasana nyaman

Kecanggihan teknologi Negeri Tirai Bambu ini sepertinya sudah tidak diragukan lagi. Satu dari banyak industri canggih China adalah di bidang transportasi.

Jika di Jepang kita mengenal kereta cepat Shinkansen (kereta peluru), maka di Tiongkok kita akan menemukan G-Trains (Gao tie) yang berarti kereta berkecepatan tinggi dengan Kecepatan maximum 380 km/jam dan sangat popular di China. Ada juga D-Trains (Dong che) yang disebut juga kereta peluru (bullet train) dengan kecepatan mencapai 250 km/jam.

Ada pula kereta cepat antar kota dengan nama C-Trains (Chengji) dengan kecepatan 250~350 km/jam. Kereta C-Trains hanya menghubungkan kota-kota tertentu di China.

Ketika berlibur ke China November 2019 lalu, saya dan istri menyempatkan untuk mencoba sensasi kenyamanan kereta cepat ini. Jauh sebelum keberangkatan ke China, kami sudah mencari informasi mengenai kereta ini dan melakukan pemesanan tiket melalui situs online klook.

Kereta Cepat di ChinaKereta Cepat di China Foto: (Chardian Arguta/d'travelers)

Kami memesan 2 perjalanan G-Train dari Shanghai Hongqiao dengan tujuan Hangzhou East dan juga dari Hangzhou East dengan tujuan Beijing South. Ada 3 kelas tempat duduk yang dapat dipilih, yaitu Kelas Bisnis, Kelas 1 dan Kelas 2 dengan harga dan kenyamanan bervariasi.

Kereta Cepat di ChinaKereta Cepat di China Foto: (Chardian Arguta/d'travelers)

Tibalah hari keberangkatan menggunakan G-Train dari Kota Shanghai ke Kota Hangzhou. Suasana stasiun kereta Shanghai Hongqiao yang super luas sangat ramai dipadati calon penumpang.

Baiknya, penumpang tiba di stasiun 3 jam sebelum keberangkatan. Selain ramainya penumpang, wisatawan akan melewati pemeriksaan imigrasi yang mengantri panjang.

Begitu pun setelah masuk ke dalam stasiun, antrian penumpang telah ramai untuk proses check in. Jika merasa kebingungan setelah berada di dalam stasiun, jangan khawatir, cukup datangi counter informasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kereta berangkat on time, sesuai jadwal jam yang tertera pada tiket. Perjalan Shanghai ke Hangzhou yang berjarak 180 km ditempuh dengan 47 menit. Sedangkan perjalanan dari Hangzhou ke Beijing yang berjarak 1330 km ditempuh dengan 4 jam 32 menit.

Dengan memilih tempat duduk di kelas 2 yang relatif murah sudah sangat nyaman dan suasana interior sama seperti di pesawat. Kursi yang empuk, jarak antar kursi yang cukup luas dan toilet yang bersih menambah kenyamanan di dalam kereta. Disarankan untuk membawa soft drink dan makanan ringan untuk dinikmati selama perjalanan. Setiap gerbong juga disediakan dispenser air panas gratis.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Chardian Arguta dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Capai 60%, Begini Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA