Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 14:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Film dan Destinasi Jakarta untuk Napak Tilas Kemerdekaan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Ilustrasi (Ria Rahmawti/d'Traveler)

1. Wage

Siapa yang tidak ingat akan nama Wage Rudolf (WR) Soepratman yang merupakan pencipta lagu nasional Indonesia Raya. Film karya John de Rantau yang rilis tahun 2017 lalu ini memang bercerita akan kisah pilu sang pemain biola dalam perjuangannya membantu kemerdekaan Indonesia.

Gus Ipul Nobar Film WageNobar Film Wage Foto: Istimewa

Apabila ada satu tempat yang lekat dengan WR Soepratman, maka Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya No.106 adalah tempatnya. Selain menjadi kost-kostan para bapak bangsa, di tempat ini juga lagu Indonesia Raya berkumandang untuk yang pertama kalinya saat kongre Sumpah Pemuda II tahun 1928.

"Di museum ini kita bisa menemukan koleksinya, replika biolanya, piringan musik yang pertama kali merekam lagu ini. Perusahan musiknya milik seorang Tionghoa, saat itu satu-satunya yang berani merekam lagu ini," ujar Ira.

Diorama di Museum Sumpah Pemuda menunjukan pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman memperdengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza di depan Kongres Pemuda III, 1928.Diorama di Museum Sumpah Pemuda menunjukan pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman memperdengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza di depan Kongres Pemuda III, 1928 (Ari Saputra/detikcom)

Sayang, Wage harus gugur 7 tahun sebelum Indonesia merdeka. Adapun, karakter Wage diperankan oleh seniman asal Yogyakarta yang bernama Rendra Bagus Pamungkas.

"Si Rendra ketika mau memerankan tokoh besar ini ritualnya dia mendatangi makamnya Wage dan di situ ada patungnya. Dia merasa seakan mendapat bisikan. Pas selama filmnya ini dia seperti dituntun memerankan film si Wage ini," ujarnya.

Yang menarik, salah satu rekan Wage yang kini sudah sepuh menyebut kalau sosok Rendra begitu mirip dengan sosok sang pemain biola legendaris itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA