Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 14:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Film dan Destinasi Jakarta untuk Napak Tilas Kemerdekaan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Ilustrasi (Ria Rahmawti/d'Traveler)

2. Pantja-Sila: Cita-cita & Realita

Tayang tahun 2016, film bertajuk Kemerdekaan 'Pantja-Sila: Cita-cita & Realita' ini juga masuk daftar untuk ditonton. Diperankan oleh aktor senior Tio Pakusadewo, film ini bercerita akan sosok Soekarno.

Film festival karya mendiang Tino Saroengallo ini bercerita akan perjalanan Soekarno dalam momen sejarah pembacaan Pancasila di sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945 silam.

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri. Acara digelar di Gedung Pancasila, Jakarta.Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri. Acara digelar di Gedung Pancasila, Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom)

Lokasi asli dari momen bersejarah ini ada di Gedung Pancasila yang masuk ke dalam area Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Jalan Taman Pejambon No.6. Namun, syuting tidak dilakukan di sana.

"Syutingnya bukan di Gedung Pancasila Kemenlu, jadi syutingnya di Jaksel. Sempat terhenti gak ada dana, bisa diputar di bioskop karena crowdfunding," ujar Ira.

Sekilas, film berdurasi 80 menit ini memang bergaya monolog. Walau monoton, tapi film ini secara total mengulas buah pemikiran Soekarno akan ideologi Indonesia secara utuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA