Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 11:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kenjeran Surga untuk Pecinta Ikan Asin

Dhianna Puspitasari
detikTravel
Kenjeran Park
Foto: Dhianna Puspitasari/d'Traveler
Jakarta -

Melihat sisi lain yang menarik dari obyek wisata Kenjeran Park di Surabaya. Rupanya, ada surga belanja ikan asin di sana.

Kota Pahlawan Surabaya memiliki objek wisata andalan Kenjeran. Beragam ikan asin ditawarkan.

Biasanya, traveler mengenal Kenjeran Park (Kenpark) sebagai Dufan-nya Surabaya atau pantainya yang syahdu dengan pemandangan Jembatan Suramadu. Tapi, sedikit traveler yang tahu ternyata Kenjeran merupakan surga bagi para penikmat ikan asin.

Memasuki kawasan Kenjeran di sepanjang jalan banyak warung dan toko yang menjual beragam ikan asin. Di dalam Kenjeran Park ternyata ada pasar mini yang menjual beraneka macam ikan asin dari teri sampai ikan peda yang tersohor kelezatannya.

Kenjeran Park berdiri di atas tanah seluas 15 hektare. Di ujung kampung nelayan, traveler bakal menemukan sebuah bangunan yang khas, bentuknya menyerupai sebuah perahu dengan layarnya yang terkembang.

Bangunan tersebut merupakan pusat produk olahan ikan yang dikenal dengan Sentra Ikan Bulak (SIB). Lokasi tepatnya ada di Jl. Bulak Cumpat No. 1 Surabaya.

Nah, di situlah traveler bisa berbelanja oleh-oleh aneka produk olahan laut. Sentra produk olahan ikan itu dibangun untuk memberikan tempat usaha bagi UKM bidang perikanan dan kelautan.

Selain itu, kawasan tersebut berfungsi untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai produk hasil olahan ikan agar semakin diminati oleh masyarakat.

Warga Surabaya maupun wisatawan yang berkunjung ke Kenjeran bisa menjadikan Sentra Ikan Bulak sebagai destinasi utama untuk belanja oleh-oleh hasil olahan ikan.

Bangunan di atas lahan seluas 4.573 meter persegi ini, terdiri dari dua lantai. Lebih kurang ada 96 kios yang menjual kerupuk dan ikan kering, 40 kios ikan asap, 16 kios ikan segar, 20 kios kerajinan, dan 40 kios makanan dan minuman. Total keseluruhan ada 212 kios yang menjual aneka kebutuhan pengunjung.

Lantai dasar dikhususkan bagi pedagang hasil olahan ikan, seperti kerupuk, ikan kering, ikan asap, dan ikan segar. Sementara itu, di lantai dua, menyuguhkan aneka makanan khas pesisir seperti lontong kupang, sate kerang, es kelapa muda, dan makanan siap saji lainnya.

Posisi Sentra Ikan Bulak sangat pas untuk belanja sekaligus plesiran, karena berhadapan langsung dengan laut. Sehingga, pengunjung bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan pesisir Pantai Kenjeran.

Jadi buat para wisatawan yang berkunjung di Surabaya jangan lupa mampir ke Kenjeran Park untuk berbelanja ikan asin.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Jetrani Reza Dias, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Panas Matahari Bersama Layang-Layang Pantai Kenjeran Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA