Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Agu 2020 18:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Rekomendasi Liburan Gratis di Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah sudah dibuka kembali, Sabtu (20/6/2020). Protokol kesehatan sangat ketat diberlakukan.
Foto: Kota Tua (Tripa Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Sebentar lagi libur panjang dan cuti bersama sudah menanti traveler. Berikut 7 rekomendasi liburan gratis di Jakarta yang mesti dicoba.

Libur long weekend sudah ada di depan mata. Traveler yang mau liburan tapi terkendala dana, bisa coba datang ke 7 tempat wisata ini. Gratis kok!

Dikumpulkan detikTravel, Rabu (19/8/2020), berikut 7 tempat liburan gratis di Jakarta:

1. Kota Tua

Penerapan new normal segera diberlakukan di Jakarta. Kawasan wisata Kota Tua pun tengah bersiap. Yuk, intip foto-fotonya.Kawasan wisata Kota Tua Foto: Pradita Utama

Kawasan Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat wisata gratis yang tak pernah berhenti didatangi turis. Pengunjung bisa menikmati suasana Jakarta tempo dulu dengan bangunan-bangunan khas Belanda.

Meski untuk masuk ke museum traveler harus bayar, namun kalau untuk sekedar jalan-jalan di kawasan ini tidak akan dipungut biaya. Dijamin seru!

2. Monas


Monas selama ini dikenal sebagai ikon Jakarta atau Indonesia. Wisatawan asing maupun wisatawan mancanegara berwisata ke tempat ini. Tidak dipungut biaya untuk sekedar jalan-jalan di kawasan sekitar Monas.

Monumen setinggi 132 meter itu terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Namun karena belum sepenuhnya buka untuk umum, traveler biasanya hanya bisa memotret Monas dari gerbang ya.

3. Galeri Nasional


Galeri Nasional adalah salah satu tempat yang cukup menarik untuk didatangi kala libur panjang di Jakarta. Terletak persis di seberang Stasiun Gambir, galeri ini sering mengadakan pameran dengan berbagai tema. Untuk ke sini, traveler tidak akan dipungut biaya alias gratis.

4. Masjid Istiqlal

Suasana Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (17/8/2020). Renovasi Masjid Istiqlal telah rampung 100 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.Suasana Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (17/8/2020). Renovasi Masjid Istiqlal telah rampung 100 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI


Masjid Istiqlal bisa disebut destinasi wisata religi yang wajib disambangi di Jakarta. Bersiaplah untuk terpesona dengan kemegahan desain masjid ini. Apalagi Masjid Istiqlal baru saja mengalami renovasi sehingga jadi lebih indah.

Masjid Istiqlal memang jadi simbol kemajuan Islam di Indonesia. Namun sebagai catatan, meski renovasi masjid sudah 100 persen, kapan pembukaan Masjid Istiqlal kabarnya baru akan diumumkan pekan ini, belum dibuka untuk umum, jadi traveler kemungkinan hanya bisa melihat Masjid dari jauh dulu ya. Pembukaan Masjid Istiqlal rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

5. Perpustakaan Nasional

Setelah ditutup cukup lama, Perpustakaan Nasional akhirnya akan kembali dibuka untuk umum. Rencananya Perpusnas akan kembali dibuka pada Kamis (11/6).Perpustakaan Nasional Foto: Rifkianto Nugroho


Tempat menarik gratis selanjutnya adalah Perpustakaan Nasional. Gedung megah ini memiliki koleksi buku sangat lengkap juga tempt membaca yang nyaman, dapat dipastikan pengunjung akan betah berada di sini.

Agar makin nyaman, traveler harus membuat kartu keanggotaan Perpustakaan Nasional dulu. Caranya gampang kok dan pastinya tidak dipungut biaya alias gratis!


6. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki memiliki sejumlah teater modern, balai pameran, gedung arsip, museum, toko buku dan perpustakaan. Tapi salah satu daya tarik utama di Taman Ismail Marzuki adalah Planetarium Jakarta yang cocok untuk wisata edukasi bersama keluarga.

Untuk memasuki area Taman Ismail Marzuki tidak dipungut biaya alias gratis. Sedangkan untuk menikmati pertunjukan seperti konser musik, teater, tari atau film tentu dikenakan biaya tiket sesuai event yang dituju.

Untuk mengetahui event menarik apa yang sedang dan akan berlangsung di Taman Ismail Marzuki, kalian bisa mengunjungi akun Twitter atau Instagram Taman Ismail Marzuki.

Taman Ismail Marzuki terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Destinasi wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.

7. Ereveld Menteng Pulo

Pemakaman Ereveld di AncolPemakaman Ereveld di Ancol Foto: Arief Kas/d'Traveler


Ingin wisata yang berbeda dan anti mainstream, datang saja ke Ereveld Menteng Pulo. Pemakaman Belanda yang ada di tengah kota Jakarta ini dapat dapat dikunjungi setiap hari. Hubungi saja petugas di sana.

Traveler punya ide liburan ke mana di long weekend ini, silakan berbagi pengalaman anda ke sini

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA