Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 24 Agu 2020 15:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Moyo Secuil Surga di Sumbawa

Evi Susanti
detikTravel
Three Damsel Fish fish species dominate the scenery: Philippines Chromis Chromis scotochiloptera, Threespot Dascyllus Dascyllus trimaculatus and Sergeant-Major Abudefduf vaigiensis. Millepora Fire Corals are not true corals but more closely related to Hydra and other hydrozoans, making them hydrocorals. They make up the only genus in the monotypic family Milleporidae. A lot of Acropora corals. West side of Moyo Island, North of Sumbawa, Indonesia, 8°1541.89
Foto: Getty Images/ifish
Takat Segele

Keesokan harinya saya diajak pemilik homestay menuju pulau supermini yang konon katanya memiliki pemandangan bawah laut luar biasa memukau. Pulau itu bernama Takat Segele.

Untuk menuju lokasi itu, hanya memerlukan waktu 30 menit menggunakan kapal nelayan sewaan yang kami gunakan untuk menuju Pulau Moyo ini kemarin.

Menurut cerita, Takat Segele berasal dari tumpukan pecahan karang yang sudah rusak dan hancur karena aktivitas pengeboman ikan pada jaman dahulu. Karang yang rusak dan hancur itu kemudian terdorong oleh ombak dan menumpuk dan tertahan oleh pasir timbul yang ada di tempat ini, begitulah lama kelamaan tumpukan karang rusak tersebut membentuk sebuah daratan.

Three Damsel Fish fish species dominate the scenery: Philippines Chromis Chromis scotochiloptera, Threespot Dascyllus Dascyllus trimaculatus and Sergeant-Major Abudefduf vaigiensis. Millepora Fire Corals are not true corals but more closely related to Hydra and other hydrozoans, making them hydrocorals. They make up the only genus in the monotypic family Milleporidae. A lot of Acropora corals. West side of Moyo Island, North of Sumbawa, Indonesia, 8°15'41.89Bawah laut di Sumbawa Foto: Getty Images/ifish

Air di Takat Segele sangat jernih, dengan kedalaman 1-3 meter bisa dilihat dengan mata telanjang, karangnya memang sudah rusak tapi menjauh sedikit ke tengah, masih ada karang-karang yang hidup dan memang benar ikan-ikan kecil warna warni memenuhi lautan sekitar Takat Segele ini. Bersyukur sekali rasanya dalam hati bisa menikmati semua keindahan ini. Seperti inikah surga itu?

Pemandangan luas laut dan bentangan langit tanpa batas, serasa tidak mau meninggalkan tempat ini. Dengan sejuta janji akan kembali, perahu harus menjauh dari pulau ini menuju ke Sumbawa karena batas sewa kapal nelayan hanya 24 jam.

Pulau Moyo sangat eksotik, pemandanganya luar biasa, suasananya tenang, masyarakatnya luar biasa ramah. Pulau ini enggak akan cukup didatangi hanya sekali.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Evi Susanti, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Keindahan Air Laut Pulau Moyo yang Jernih, Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA