Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Okt 2020 18:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Gunung Gede Pangrango di Balik Heboh Foto Pria Bugil

Baban Gandapurnama
detikTravel
Jalur ke Gunung Pangrango
Foto: (Dokumentasi BBTNGGP)
Cianjur -

Gunung Gede Pangrango mendadak membetot perhatian publik gegara beredarnya foto pria bugil yang berpose di area wisata alam ini. Di balik kejadian heboh tersebut, Gunung Gede Pangrango memiliki keindahan alam yang memesona. Wilayah yang masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini menjadi sasaran para pendaki dan wisatawan.

Secara administrastif Taman Nasional ini berada dalam wilayah tiga kabupaten di Jawa Barat terdiri Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Total luas lahannya 24.270,80 hektare.

Berdasarkan sejumlah literatur, Gunung Pangrango memiliki ketingggian 3.019 meter dari permukaan laut (m.dpl). Pendaki yang pernah menjajal area ini tentu tak asing dengan bagian puncak gunung bernama Puncak Mandalawangi.

Di Jawa Barat, Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Ciremai. Sedangkan Gunung Gede berada pada ketinggian 2.220 mdpl. Kedua gunung tersebut bertipe stratovolcano.

detikcom mencoba menjelajah Gunung Gede Pangrango dengan bantuan teknologi dan merangkum visual serta data dari sumber terbuka di dunia maya. Nah, tampilan gunung dan nuansa sekeliling yang terekam citra satelit ini bisa disimak melalui Google Maps menggunakan opsi dua dimensi atau tiga dimensi.

Bagi pengguna PC atau laptop, tekan tombol control (CTRL) serta geserkan papan kursor atau tetikus. Wow!!

Penasaran suasana dari dekat sekitar di lokasi? Zoom atau perbesar peta. Kemudian pilih simbol orang (warna kuning) di sudut bawah kanan. Setelah itu, seret ke area Gunung Pangrango dan Gede serta cocokan cahaya hijau tepat ke lingkaran biru yang muncul pada peta. Bila sinar dan titik sudah pas, otomatis keluar foto. Lepaskan atau 'jatuhkan' simbol orangnya. Seketika tersedia gambar format 360 yang merupakan hasil kontribusi pemilik akun Google Maps.

Selain itu, tersedia juga peta digital Google Maps yang khusus memandu pendaki dan wisatawan melangkahkan kakinya menyusuri jalur Gunung Gede Pangrango. Sebagaimana dilihat detikcom via situs resmi www.gedepangrango.org, terdapat tiga jalur pendakian. Sajiannya berupa peta interaktif. Klik saja di sini.

"Peta Interaktif ini bertujuan untuk memudahkan pendaki/ wisatawan dalam melakukan aktivitas wisata di dalam kawasan Taman Nasional. Warna jalur pendakian Cibodas adalah Hijau, Gunung Putri adalah Kuning dan Selabintana adalah Merah," tulis gedepangrango.org sebagaimana dilihat detikcom, Kamis (22/10/2020).

Jalur ke Gunung PangrangoJalur ke Gunung Pangrango Foto: (Dokumentasi BBTNGGP)
Danau Situ Gunung di Gunung Gede PangrangoDanau Situ Gunung di Gunung Gede Pangrango Foto: Pradikta Kusuma/detikTravel



Kawasan TNGPP sempat tutup lantaran pandemi Corona atau COVID-19. Tempat ini kembali membuka pendakian sejak Rabu 21 Oktober 2020 setelah hasil evaluasi Tim Satgas Internal Pengendalian Covid 19 Balai Besar TNGGP dan Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur. Keputusan resmi itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGPP) Nomor: SE 1195/BBTNGGP/Tek.2/10/2020 tanggal 19 Oktober 2020 tentang Pembukaan Kembali Pendakian Gunung Gede.

Pihak BBTNGGP menerapkan protokol COVID-19. Setiap Calon Pendaki Wajib Mematuhi Protokol COVID-19 yang dikeluarkan oleh pihak BBTNGGP, yaitu:
- Wajib Membawa surat sehat;
- Menggunakan masker;
- Menggunakan sarung tangan (jika memungkinkan);
- Mencuci tangan / Menggunakan Handsanitizer;
- Menjaga jarak antar pendaki;
- Menjaga etika batuk bersin;
- Mengisi tenda sebesar 50% dari kapasitas tenda;
- Menjaga jarak antar tenda;
- Menjalankan SOP pendakian;
- Tidak melakukan kunjungan apabila menunjukkan gejala demam batuk pilek.



Simak Video "Segarnya Air dari Curug Sawer"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA